DINAS PERPUSTAKAAN KOTA BANJAR DORONG MINAT SERTA BUDAYA MEMBACA DI PERPUSTAKAAN DAERAH

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 8 Desember 2019 – Rendahnya minat dan budaya membaca di kalangan masyarakat, mendorong Kepala Desa dan Kelurahan di Kota Banjar bisa menghidupkan dan merevitalisasi perpustakaan daerah. Untuk pengelolaan perpustakaan desa sudah diatur dalam surat edaran Walikota Banjar, agar menjadi perhatian pemerintah desa dengan menganggarkan minimal 20% dari APBDes.

Pengelolaan tersebut meliputi pelayanan bahan perpustakaan, promosi budaya membaca, intensif bagi pengelola perpustakaan dan penyediaan ruang atau gedung perpustakaan. Menurut Kabid Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Banjar Kokom Komala saat ditemui di acara Sosialisasi Budaya Membaca Dan Revitalisasi Perpustakaan Desa Tingkat Kota Banjar di Aula Toserba Pajajaran, Jum’at ( 7/12/2019), dari hasil monet saat ini dari desa belum ada sharing anggaran, dan belum bisa memanfaatkan secara maksimal adanya perpustakaab Desa/ Kelurahan.

“Dari hasil monet kami, Desa Binangun, Karyamukti dan Rejasari yang saat ini desanya sudah mulai peduli dan sudah menganggarkan dari APBDes tanpa kita suruh,” ujar Kokom. Pihak Perpustakaan Daerah Kota Banjar saat ini sudah mempunyai 50 titik pelayanan perpustakaan, bekerjasama dengan program Kampung KB dan pemerintahan Desa.
Selain itu, perpustakaan daerah juga sudah membuat layanan perpustakaan digital dengan meluncurkan e-pusda Kota Banjar. Situs tersebut bisa diakses dengan mudah dan dapat dijangkau semua kalangan masyarakat. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment