WARGA KOTA BANJAR BERTEKAD BASMI RENTENIR DENGAN MEMBENTUK GEBBER

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 1 Juni 2018 – Geram atas sepak terjang rentenir yang membuat masyarakat bawah terjerat hutang segunung, mendorong masyarakat kota Banjar bentuk Gerakan Banjar Bebas Renternir (GEBBER). GEBBER ini kemudian mendirikan sekretariat di Jln Brigjen M. Isa, SH  Lingkungan Siluman Rt. 28 Rw.13, Kelurahan Purwaharja, Kec Purwaharja, kota Banjar, Jawa Barat.

Selepas didirikan banyak masyarakat bergantian melaporkan kasus terkait rentenir ke posko GEBBER ini. Seperti puluhan warga masyarakat Ketapang, lingkungan siluman baru yang datang pada kamis (31/05) melaporkan keluh kesahnya akibat meminjam uang kepada rentenir.

Deni Hediandi selaku Inisiator Tim GEBBER menuturkan, ini adalah kegiatan pengaduan puluhan korban renternir di wilayah Kelurahan Purwaharja. “Syarat pengaduan dengan mengisi formulir data diri, melampirkan fotocopy KTP, KK dan juga menuliskan keterangan dimana warga itu meminjam dan berapa besarannya, tidak lupa serta mencantukan ekonomi keluarga untuk menjadi patokan buat ditindak lanjuti GEBBER,” ungkapnya.

Deni menuturkan, untuk yang lain rencananya kita akan membuka 9 posko dan ini merupakan posko yang pertama dan juga bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan kemudian. “Kemungkinan 3 atau 4 hari kedepan kita akan membuka posko lagi yang akan berkerjasama dengan Ormas dan LSM,” tuturnya.

Deni berharap, pengaduan ini akan menghasilkan data yang riil, bahwa di kota Banjar ini banyak korban korban renternir yang benar benar harus kita selesaikan dan kita bantu. “Ternyata renternir itu bukannya membantu tapi malah mempersulit, mencekik perekonomian masyarakat, disitu kita dari GEBBER ingin membantu meringankan beban masyarakat dan membantu membersihkan sedikit renternir yang ada di kota Banjar,” terangnya. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment