USAI PANEN RAYA, PETAMBAK UDANG VANAME BERBAGI HASIL PANEN PADA WARGA TERDAMPAK COVID 19 DI PURWOREJO

(IndonesiaBangkit.net, Purworejo) – 28 Juli 2020 – Warga petambak udang Vaname di Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag yang warganya baru menyelesaikan panen Raya. Sebagai wujud syukur atas hasil panen tersebut para petambak berencana mendonasikan kepada warga terdampak Covid 19.

Para warga petambak ini merupakan salah satu wujud langsung Polres Purworejo membina dan memberdayakan warga. “Hari ini Polres, TNI, Kejari dan Legislatif dan Dinas PPKP melakukan panen udang vaname dalam rangka ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Tujuan kami adalah agar tidak ada masalah pangan selama masa bencana non alam ini. Jelasnya AKBP Rizal Marito usai memanen udang, Selasa pagi (28/7).

Hadir dalam acara panen raya udang selain Kapolres serta PJU Polres, adalah Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, Kajari DB Susanto dan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP), Wasit Diyono. Udang Vaname, saat ditemui tim Indonesia Bangkit Network,menurut¬† Suwardoyo yang sering di panggil “mas gagak” ini menjelaskan bahwa jenis udang yang banyak dipergunakan untuk hidangan. Sehingga banyak yang membutuhkan, udang dari Kertojayan ini diekspor hingga USA, Tiongkok, Eropa dan Australia.

“Udang Vaname dapat dipanen saat usia 85 hari. Harga perkilo bisa mencapai Rp60 ribu hingga Rp70 ribu. Untuk kolam seluas 1.200 meter persegi bisa panen seberat 2 ton udang dengan modal Rp60 juta,” jelas Suwardoyo alias mas Gagak. Sementara¬†itu, Kades Kertojayan, Tri Rapi Pangestuti mengatakan nanti para penambak akan mendonasikan sebagian udangnya untuk dibagi kepada warga yang terdampak Covid-19. Sehingga warga bisa terbantu pemenuhan gizi dari lauk udang tersebut. Dari Purworejo Jawa Tengah Suryanedi untuk Indonesia Bangkit Network.


Was This Post Helpful:

1 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment