(IndonesiaBangkit.Net, Gorontalo) Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99, menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik bagi masyarakat di Desa Tulabolo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pupuk organik tersebut, antara lain buah-buaha, sayur rempah rempah dan jerami, juga  serta kotoran ternak yang mudah ditemukan di lingkungan masyarakat.

Pembuatan pupuk organik yang di ikuti oleh sekitar 250 masyarakat tulabolo ini di peragakan oleh     Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Zni Hasan Ibrahim bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sersan Mayor (Serma) Roy Wangunusa. Perwira seksi teritorial (pastier) kapten zni hasan Ibrahim mengatakan sosialisasi ini merupakan program nonfisik pada TMMD. “Sosialisasi ini merupakan program nonfisik pada TMMD, yaitu pembuatan pupuk organik, ramuan pertanian. ramuan peternakan dan ramuan hama kepada masyarakat dan petani,” ujarnya.

Kegiatan itu juga melibatkan  unsur Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango serta Polisi Hutan dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Pelatihan dan sosialisasi pembuatan pupuk organik tersebut merupakan salah satu kegiatan nonfisik yang dilakukan oleh TNI pada TMMD selain kegiatan fisik yaitu pembangunan jalan, jembatan gantung dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK).

Satgas TMMD juga melakukan penyuluhan terkait pencegahan terorisme, radikalisme yang saat ini sedang ramai dibicarakan. Dengan harapan masyarakat di pelosok dapat memahami dan mengerti bagaimana ancaman yang selama ini menjadi hal yang sangat krusial.(Lintang)


Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment