TINGKATKAN PRODUKTIVITAS KAKAO, PEMKAB KOLAKA TIMUR GANDENG PT HASPRAM

(IndonesiaBangkit.Net, Tirawuta) – 19 April 2018 – Semakin menurunnya produktivitas kakao alias coklat di Kolaka Timur (Koltim) setiap tahunnya, membuat Pemerintah daerah (Pemda) Koltim mengambil langkah-langkah kongkrit guna mengembalikan ciri khas Koltim sebagai penghasil kakao terbesar di Sultra.

Guna mewujudkan hal tersebut, Pemda Koltim melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan kakao. Hal ini diungkapkan bupati Koltim H.Tony Herbiansyah saat ditemui awak media Kamis (19/4).

” Sekarang ini kita sedang melakukan kerja sama dengan PT Haspram, untuk melakukan pengadaan bibit unggulan sebanyak 3,5 juta bibit yang akan disebar kepada semua masyarakat ” ungkap Tony Herbiansyah.

Menurutnya, penurunan produktivitas kakao diakibatkan oleh beberapa faktor yakni usia tanaman kakao sudah cukup tua dan sulitnya mendapatkan bibit unggulan, sehingga banyak masyarakat yang mulai mengganti dengan tanaman lain. Agar masyarakat mau kembali menanam kakao, pihaknya mulai melakukan langkah-langkah konkrit agar produktivitas kakao terus meningkat. ” Ini merupakan tantangan kita semua dan selaku pemerintah akan selalu membantu dan meyakinkan masyarakat bahwa tanaman kakao lebih baik dari tanaman lain ” jelasnya.

Untuk itu, demi mewujudkan impian tersebut Pemda Koltim akan terus berupaya agar semua masyarakat dapat kembali mengembangkan tanaman kakao, sehingga kedepan sejarah Koltim sebagai penghasil kakao terbesar di Sultra dapat kembali berjaya. ” Saat ini lahan kakao Koltim mencapai 64 ribu hektar jika betul-betul kita kelola tentunya akan memberikan hasil yang maksimal dan tentunya akan mengembalikan kejayaan Koltim sebagai penghasil kakao terbesar di Sultra. Dan itu merupakan target dan harapan kita bersama ” harapnya. (Neno).


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment