TIGA DESA DI KUALA KERETOE ACEH TERANCAM HILANG SAAT PURNAMA PASANG

(IndonesiaBangkit.net, Aceh Utara) – 1 Februari 2018 – Tiga desa di kecamatan lapang aceh utara terancam hilang yaitu desa kuala keretoe, matang baroeh, dan kuala cangkoi, satu dusun terancam hilang setelah, sebelumnya telah hilang yaitu dusun pasie yang berada di kuala keretoe, akibat terkikis saat air laut meningkat.

Di dusun pasie saat ini, tinggal pemandangan tungkul pepohonan bekas perkampungan penduduk masih terlihat jelas.hamparan sejauh satu kilometer persegi menyisakan pemandangan pasir luas terbentang.

Mantan panglima laut lapang agani abdullah mengatakan saat ini puluhan hetar sawah  yang barada di desa ini telah tercemar dengan air laut setiap pasang purnama terjadi , kerusakan pantai terparah juga terjadi akibat pasang purnama pohon kelapa dan pohonn kayu yang berada di kawaswan pesisir telah tumbang.

Sepanjang pantai satu kilo meter lebih, telah rata menjadi lautan dan ini mengancam hilangnya tiga desa lainnya yang berada di kawasan pesisir lapang aceh utara ini. Warga setempat berharap pemerintah  secepatnya mengatasi persoalan ini dengan memasang batu penahan ombak, karena dikhawatirkan mengancam ratusan penduduk kehilangan tempa tinggal. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment