TIDAK SESUAI, BERKAS 45 CALON LEGISLATIF PARTAI AMANAT NASIONAL DIKEMBALIKAN KPU SULTRA

(IndonesiaBangkit.Net, Kendari) – 16 Juli 2018 – Empat puluh lima berkas bakal calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara dikembalikan KPU Sulawesi Tenggara pada senin (16/07). Dikembalikannya berkas bacaleg PAN Sultra ini karena tanda tangan sekretaris PAN Sultra, Adriatma Dwi Putra pada daftar bakal calon legislatif provinsi Sulawesi Tenggara diduga tidak sesuai.

Kepada IndonesiaBangkit.Net, Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo mengatakan sesuai dengan PKPU nomor dua puluh tahun 2018 usulan bakal calon partai politik harus di tanda tangani oleh ketua dan sekretaris DPD partai bersangkutan. Namun dari berkas daftar bacaleg yang di serahkan oleh PAN yang di tanda tangani oleh sekretaris PAN diduga tidak sesuai dengan aslinya sehingga berdasarkan hasil konsultasi bersama bawaslu Sultra, KPU mengembalikan berkas untuk segera di perberbaiki.

“Bukan karena tidak sah, namun karena teman teman bawaslu tidak menyakini tanda tangan itu tanda tangan sekretaris PAN Sultra, ungkapnya. Diketahui sekretaris PAN Sulawesi Tenggara, Adriatma Dwi Putra masih menjalani proses hukum dan menjadi tahanan kpk dalam kasus dugaan korupsi bersama mantan Walikota Kendari, Asrun.

Selain PAN, KPU juga mengembalikan berkas bacaleg Partai Nasdem karena sejumlah bakal calon legeslatif Partai Nasdem tidak melengkapi foto dan beberapa administrasi lain. “Kalau Nasdem ada beberapa administrasi B1 yang belum di lengkapi, jadi kami kembalikan untuk di perbaiki hingga besok.” tuturnya.

Sementara itu komisioner bawaslu Sultra, Munsir Salam ungkapkan bawaslu meragukan salah satu tanda tangan berkas bacaleg yang di tanda tangani oleh sekretaris pan sultra sehingga bawaslu menyimpulkan agar segera di kembalikan untuk di perbaiki. Munsir menambahkan pengembalian berkas bacaleg kedua partai tersebut disebabkan karena adanya berkas adminstrasi partai dan caleg yang belum di lengkapi sehingga KPU dan bawaslu memberikan waktu untuk melakukan perbaikan hingga tanggal 17 juli 2018 besok.

Pendaftaran bakal calon anggota legislatif provinsi sulawesi tengara KPU Sultra secara resmi baru menerima lima berkas partai politik diantaranya partai Gerindra, partai Perindo, PKS, PAN, dan Nasdem. Namun dua berkas bacaleg PAN dan Nasdem dikembalikan karena belum melengkapi berkas administrasi. (Utha)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment