Truk terguling

(IndonesiaBangkit, Banyuwangi) Jalur tanjakan Desa Sumberbuluh, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, menelan korban jiwa, Rabu siang (25/5).

Gara-gara tak kuat menanjak, dump truk pengangkut pasir terguling, lalu menimpa seorang pengendara motor hingga tewas. Diduga, insiden ini dipicu kondisi truk sudah tidak layak jalan dan kelebihan muatan.

Truk terguling

Pengendara motor nahas itu bernama Karim (62), asal Desa Parangharjo, Songgon. Pria lanjut usia ini tewas dengan kondisi luka serius. Nyawanya tak tertolong saat dibawa ke Puskesmas Songgon.

Peristiwa tragis ini bermula saat dump truk bernopol P 9708 VC yang dikemudikan Mahmud (64), asal Desa/Kecamatan Cluring melaju dari arah Songgon, sekitar pukul 08.30 WIB.

Truk sarat muatan ini baru saja mengangkut pasir. Saat melintasi tanjakan, dump truk berwarna hijau ini ternyata tak kuat. Sopir sempat berusaha mengerem. Apesnya, roda truk justru tak terkendali. 

Truk sarat muatan ini melaju mundur hingga 25 meter, lalu oleng dan terguling. Saat bersamaan, di belakang truk, Karim melaju menggunakan motor Yamah Mio bernopol DK 7455 BN. Korban tak sempat menghindar. Motor korban tergencet “pantat” truk yang terguling.

Warga langsung berusaha mengevakuasi korban, lalu dilarikan ke Puskesmas. ” Korban akhirnya meninggal di Puskesmas Songgon,” kata Kapolsek Songgon, Iptu Kusmin.

Begitu mendapat laporan, polisi bergegas ke lokasi. Menurut Kapolsek, pihaknya juga berkoordinasi dengan unit laka lantas Polsek Rogojampi untuk menangani insiden tersebut. ” Kita sudah memerika sejumlah saksi, termasuk mengamankan barang bukti,” jelas Kapolsek.

Sedikitnya, dua saksi dimintai keterangan. Saat kejadian, keduanya berada di sekitar lokasi. Petugas juga mengevakuasi badan truk yang terguling di tengah jalan menggunakan alat berat. 

Akibat insiden ini, jalur di lereng Gunung Raung tersebut sempat terganggu. ” Truk yang terguling sudah dievakuasi. Penyidik laka lantas sedang melakukan penyelidikan, termasuk olah TKP,” pungkas Kapolsek. Belum diketahui penyebab kecelakaan maut tersebut.(Belvana Cordelia)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment