TARUNA SIAGA BENCANA CIAMIS DISTRIBUSIKAN AIR BERSIH GUNAKAN MOBIL UNIT SIAGA BENCANA

(IndonesiaBangkit.Net, Ciamis) – 24 Oktober 2019 – Krisis air bersih yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis, dan sekitarnya akibat bencana kekeringan (musim kemarau) disikapi oleh relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, dengan cara distribusikan bantuan air bersih dengan menggunakan Mobil Unit Siaga Bencana, yang diatasnya diisi toren, untuk mengangkut air bersih. Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, (24/10/2019), mengatakan bahwa pendistribusian bantuan air bersih tersebut merupakan bentuk kepedulian Tagana Kabupaten Ciamis, kepada warga masyarakat yang mengalami krisis air bersih akibat dilanda bencana kekeringan (kemarau panjang).

“Mereka saat ini kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setelah air bawah tanah, seperti sumur, jetpump dan sumber mata air mengering,”Ungkap Ade. Lanjut Ade, saat ini pihak baru menyalurkan bantuan air bersih di 2 wilayah Kecamatan, yaitu wilayah Kecamatan Banjarsari, dan Kecamatan Banjaranyar, yang meliputi wilayah Dusun Citaman, RT 09, dan RT 10, RW 02, Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari, wilayah Dusun Cikukang, RT 14, dan RT 16, RW 04, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, wilayah Dusun Ciherang, RT 02, dan RT 03, RW 01, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, dan wilayah Dusun Sukapura, RT 29, RW 05, Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar.

“Kami baru bisa menyalurkan bantuan air bersih ke 4 wilayah, di 2 Kecamatan, yaitu diwilayah Kecamatan Banjarsari, dan Kecamatan Banjaranyar,” Ujar Ade. Dijelaskan Ade, saat ini, relawan Tagana Kabupaten Ciamis, dalam kegiatan pendistribusian bantuan air bersih dibantu oleh relawan Mata Hati, dan Sahabat Tagana, serta menggunakan 2 unit armada bak terbuka, karena belum memiliki tangki pengangkut air bersih.

“Kami mendistribusikan bantuan air bersih, dibantu oleh para relawan Mata Hati, dan Sahabat Tagana, dengan menggunakan 2 unit armada bak terbuka,”Jelas Ade. Ade, berharap mudah-mudahan bantuan yang diberikan tersebut, dapat membantu warga masyarakat diwilayah Kabupaten Ciamis, yang dilanda bencana krisis air bersih, akibat dampak dari bencana kekeringan (musim kemarau) tersebut. Tandasnya. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment