TAK TERIMA KOMPENSASI, WARGA SEKITAR PERTAMBANGAN MINTA PT CNI HENTIKAN OPERASI

(IndonesiaBangkit.Net, Kolaka) – 12 Maret 2018 – Ratusan warga Donggala kecamatan wolo kabupaten kolaka mendatangi kantor PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) yang berada di desa samaenre kecamatan wolo. Warga menuntut aktivitas pertambangan dihentikan sebelum perusahaan membayarkan uang dampak aktivitas tambang.

Anhar lembaga bantuan hukum mengatakan kedatangan warga kali ini merupakan bentuk kecaman warga terhadap aktivitas pertambangan disekitar desa donggala, dimana desa uni merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah terdampak dengan aktivitas tambang, namun karena mereka tidak masuk dalam area konsesi pertambangan sehingga PT CNI tidak memasukkan desa donggala sebagai desa yang menerima dana kompensasi.

Padahal sejumlah warga mengakui adanya aktivitas pertambangan disekitar desa ini, pendapatan warga yang umumnya adalah nelayan petani menurun karena area tempat mencari ikan nelayan sudah dicemari oleh tanah dan sedimen lumpur yang berasal dari aktivitas tambang. Pihak perwakilan PT CNI, M Ilham selaku manager eksternal departement, mengatakan tuntutan warga belum bisa di penuhi karena hal ini tidak termasuk dalam area konsesi izin pertambangan cni.

PT CNI justru posisinya meminta jika warga masih menginginkan tuntutannya, meminta warga untuk menempuh jalur hukum.(Utha)


Was This Post Helpful:

1 votes, 2 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment