TAK KUAT PERLAKUAN DIKAPAL 11 NELAYAN INI KABUR, KINI TERANCAM DIPOLISIKAN KARENA HUTANG

(IndonesiaBangkit.Net, Kepulauan Aru) – 5 September 2019 – Mapolres Kepulauan Aru pagi tadi (5/9) didatangi Perwakilan PT Lautan Inti Makmur selaku perusahaan yang membawahi KM Merah Delima, KM Jaya Baru. Tujuan kedatangan mereka adalah melaporkan permasalahan Hutang 11 Anak Buah Kapal (Abk) yang belum dilunasi.

Pihak Polres Kepulauan Aru melakukan mediasi antara pihak perusahaan dengan para Abk terkait penyelesaian Hutang. Pihak perusahaan memberikan tenggat waktu selama sepekan kepada Abk melunasi hutang mereka. Pihak Abk juga melaporkan legalitas hubungan kerja mereka kepada perusahaan yang tidak memiliki Kontrak kerja.

Seperti Abk atas nama Ahmad adhitya Hendarsyah dan Ade Rahmat Hidayat diketahui tidak memiliki kontrak kerja, buku pelaut, bahkan asuransi, buku kuning dan administrasi lainya yang menjadi kewajiban perusahaan. Satu satunya bukti kontrak adalah Surat pernyataan kerja yang didalamnya tidak termuat diperusahaan apa mereka bekerja. Sementara itu pihak perusahaan kapal atas Aman Mesak saat ingin dikonfirmasi terkait hal ini menghindar dan secara singkat menyebut jika masalah tersebut telah di tangani pihak Polres Kepulauan Aru.

 

Ke sebelas Abk ini diketahui melarikan diri karena mekanisme kerja serta penyediaan makanan minuman yang tidak manusiawi selama bertugas. Informasi ini dikisahkan oleh Adi Prawito salah satu Abk yang melarikan diri kepada IndonesiaBangkit.Net.

Selain makan minum ketersediaan obat-obatan juga sangat minim hingga kadang mereka kesulitan jika datang sakit. Ironisnya saat sakit juga mereka dipaksa kerja dan jika tidak kerja mereka akang dikenakan sanksi berupa pemotongan hasil tangkapan mereka.

“Jika tak kerja kami dipotong 2 kg hasil tangkapan cumi” Kata Adi. Dirinya juga menambahkan, selama berlayar administrasi kami tidak lengkap, kami kerja namun tidak memiliki kontrak kerja antara perusahan dan para Abk yang ada di pihak perusahan adalah KTP asli para Abk. (Nova Ekasari)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment