SATU TON IKAN ASAP DIHASILKAN DIDESA HULAWA, GORONTALO SETIAP HARI

(IndonesiaBangkit.Net, Gorontalo) – 10 Maret 2018 – Apabila Anda berkunjung ke Sulawesi, khususnya Provinsi Gorontalo maka tidak akan lengkap rasanya apabila tidak mencoba khazanah kuliner nya, yakni Ikan Asap. Salah satu pengolahan ikan asap yang terkenal sentra produksinya berada di desa hulawa, kabupaten gorontalo.

Disini terdapat satu keluarga yang secara turun temurun telah menjalani profesi sebagai pembuat ikan asap metode tradisional milik keluarga Samsudin Djafar.

Kepada IndonesiaBangkit.Net dijelaskan proses pembuatan ikan asap yang terkenal tersebut. Pertama kali Ikan terlebih dahulu dibersihkan isi perutnya, setelah itu ikan di tusuk batang bambu untuk proses pengasapan nanti, kemudian barulah ikan ini dicuci dengan mengunakan air bersih.

Selanjutnya ikan diletakkan di tempat pengasapan dengan posisi ikan mesti menghadap ke tanah, tujuannya agar seluruh air yang terkandung dalam tubuh ikan bisa keluar sempurna saat proses pengasapan nanti. Proses mengasapi ikan memiliki tingkat kesulitan tertentu dimana, selain kesabaran, yang bertugas melakukan pengasapan ikan juga harus pintar mengatur besar kecilnya api, agar ikan justru tidak terbakar dan kualitas asapnya terjaga selama tiga jam waktu normal.

Di tempat pengolahan ikan asap milik samsudin djafar, setiap harinya mampu memproduksi 1 ton ikan asap dan soal kualitas memang menjadi  perhatian dari  pemiliknya .’’ kami memproduksi ikan asap mencapai satu ton dalam sehari, dan kami utamakan kualitas dalam produksinya’’ungkap samsudin. Ikan asap buatan mereka meski diolah secara tradisional, namun masih tetap menjanjikan dari segi keuntungan bisnis.

Ikan asap ini juga bisa dinikmati dengan berbagai metode masak seperti digoreng sambal ataupun dicampurkan santan. Bagi masyarakat setempat maupun sulawesi pada umumnya menyantap ikan asap sudah menjadi sebuah menu wajib.(Lintang)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment