RS NUR HIDAYAH, GELAR AKSI PEDULI DARI JOGJA UNTUK LOMBOK

(IndonesiaBangkit.Net, Yogyakarta) – 24 September 2018 – Setelah menempuh perjalanan cukup panjang mulai (15/9) sampai (23/9), Tim Bakti Sosial RS Nur Hidayah yang beralamat di Jl. Imogiri Timur Km. 11,5 Trimulyo, Jetis, Bantul berhasil mengulang misi sosial yang bertajuk “Dari Jogja untuk Lombok” dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Lombok Utara, Timur dan Barat. Sebanyak 16 tenaga kesehatan di terjunkan dalam misi ini yang terbagi menjadi 5 tim.

Penentuan lokasi pelayanan kesehatan selama di Lombok RS Nur Hidayah bekerjasama dengan Yayasan Al-Furqon Magelang yang dipimpin oleh Ustad Muhammad Wujud, serta bekerjasama dengan Harian Kedaulatan Rakyat, Zis Nur Hidayah, Dofornation, dan Dinas Kesehatan di Lombok sehingga aksi sosial ini legal dan tepat sasaran.
Berbeda pada misi sebelumnya, misi kali ini tim bakti sosial RS Nur Hidayah keliling wilayah yang belum terjamah oleh tenaga kesehatan, dalam 1 hari tim medis dapat berpindah dari dusun satu ke dusun lainnya, medan dan akses yang sulit sekalipun di jangkau oleh tim medis RS Nur Hidayah demi satu misi yaitu Dari Jogja Untuk Lombok.

Dalam misi ini masing tim memiliki tugas yang berbeda dari misi sebelumnya, selain memberikan pelayanan kesehatan, tim medis menjalankan tugas memberikan penyuluhan, trauma healing, home viste diberbagai lapisan masyarakat Lombok sekolah, diposko pengungsian.

Tindakan yang paling utama kini adalah melakukan pendataan kepada masyarakat korban gempa yang terdiagnosa penyakit yang memerlukan tindakkan medis lanjut seperti Operasi dan tindakan medis lainnya, serta melakukan pendataan kebutuhan-kebutuhan dan pelayanan kesehatan apalagi yang di butuhkan oleh Korban Gempa di Lombok, ujar kepala rombongan tim medis DR. Dr. Sagiran, Sp.B., (K), KL., M.Kes.

Selama 1 pekan tim medis RS Nur Hidayah keliling diberbagai lokasi di Lombok tim medis RS Nur Hidayah melayani 4.063 pasien, 2 pasien yang dilakukan operasi di RS setempat, 15 kali penyuluhan, 2 kali trauma healing, dan 19 kali home visite diberbagai lokasi pengungsian dan sekolah serta berhasil mengumpulkan data kebutuhan yang diperlukan oleh warga korban gempa termasuk data pasien yang memerlukan tindakan operasi. Dari data yang dihimpun 15 warga di Lombok membutuhkan layanan kesehatan lanjut dan harus dilakukan tindakan operasi serta permintaan pelayanan kesehatan lainnya.

Pendataan yang telah dilakukan oleh tim medis RS Nur Hidayah selama di Lombok ini akan menentukan misi selanjutnya, bantuan secara materiil dan non material masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Lombok, mari bersama kita wujudkan pelayanan kesehatan yang komprehensif untuk menigkatkan derajat kesehatan masyarakat Lombok dalam misi ke-3 “Dari Jogja Untuk Lombok” ujur Dr. Arrus Ferry, MPH., selaku direktur RS Nur Hidayah. (Raya Sanjiwani)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment