(IndonesiaBangkit, Sumbawa Besar) Ritual adat Pasaji Ponan (Pesta Ponan) atau Sedekah Bumi, digelar di Bukit Ponan, dan di Desa Poto, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Acara adat ini dibanjiri oleh ribuan orang baik warga setempat, wisatawan lokal dan juga mancanegara. Para pengunjung ini rela berjalan kaki sejauh 2 kilometer, dari Desa Poto,  menuju ke lokasi Ponan, di tengah areal persawahan. Setelah acara dibuka dan doa bersama, para pengunjung berebutan makanan dan penganan yang merupakan hasil bumi warga yang dibawa secara gotong royong ke lokasi oleh ibu ibu.

Pesta Ponan, dibuka lansung oleh Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah. Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah, mengatakan, pesta ponan ini merupaka wujud rasa syukur warga kepada Allah SWT, atas nikmat yang diberikan dan juga atas melimpahnya hasil bumi warga selama satu tahun. “Nah kegiatan Ponan kali ini, digelar juga untuk memanjatkan doa agar hasil panen tahun depan akan kembali melimpah sama seperti tahun tahun sebelumnya,” katanya.

Tradisi Ponan ini, lanjut Wabup, merupakan tradisi turun temurun warga sejak ratusan tahun silam. “ Sedekah ponan menjadi suatu cara ritual tradisional masyarakat Sumbawa di sekitar Dusun Poto, Moyo Hilir yang sudah berlangsung sejak lama. Ini merupakan sesuatu yang menarik bagi wisatawan dan menjadi obyek wisata budaya saat ini,” katanya menambahkan. Jeremy, Salah seorang wisatawan asal Amerika Serikat, mengaku merupakan kali pertama menyaksikan lansung acara adat suku sumbawa ini dan sengaja datang untuk menyaksikan lansung acara sedekah bumi suku Sumbawa ini.

Wisatawan asal negeri paman sam ini mengaku kagum, karena warga mampu mempertahankan tradisi nenek moyang nya yang sudah ratusan tahun ini hingga sekarang. “ Kegiatan ini sangat mengagumkan, banyak orang yang datang untuk melihat kegiatan ini berlansung, kami juga sangat menikmati acara ini dan suasana di lokasi yang sangat alami,” uangkapnya. Sementara itu, Nicole, yang juga wisatawan asal Amerika juga mengaku
senang bisa melihat langsung acara ponan ini dan keramahan warga yang luar biasa dan bisa menerima mereka melihat kegiatan budaya lokal ini.

“ Kami sangat senang berada disini/ masyarakat disini juga sangat ramah dan bis menerima kami disin,” katanya Nicole. Kegiatan pasaji ponan ini adalah ritual adat, suku sumbawa sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt dan juga sebagai ajang silaturrahmi warga. Adat ini masih terus dipertahankan warga sejak ratusan tahun silam dan saat ini menjadi salah satu obyek wisata budaya baik wisatawan lokal maupun mancanegara. (KAHE). Cek Video disini


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment