Keraton ISAUW

(IndonesiaBangkit, Washington)

“Tanah airku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

 

Walaupun banyak negeri kujalani

Yang masyhur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Di sanalah kurasa senang

Tanahku tak kulupakan

Engkau kubanggakan”

 

Pembaca pernah menyanyikan lagu ini? Iya ini merupakan sepenggalan lirik dari lagu ciptaan Ibu Sud berjudul tanah Airku. Lagu ini pun yang rupanya kerap terngiang di benak para mahasiswa Indonesia yang jauh menuntut ilmu hingga Amerika Serikat, tepatnya di University of Washington.

Berawal dari acara ramah tamah kecil pada tahun 2010 yang bertujuan untuk mengumpulkan serta menumbuhkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang sedang menuntut ilmu di University of Washington Ikatan Mahasiswa Indonesia di University of Washington (ISAUW), di gagas sebuah acara bertajuk KERATON.

Dalam perjalanannya, KERATON berkembang dengan sangat pesat dalam aspek skala dan tujuan. Tahun ini Keraton 2016,  merupakan sebuah festival yang bertemakan Indonesia, dimana budaya dan ciri khas Indonesia dibawa dan dihidupkan di tempat yang sangat jauh dari asalnya: Seattle.

Sebagai wujud tanda cinta dan bakti kepada tanah air, Ikatan Mahasiswa Indonesia di University of Washington (ISAUW) menjadikan Keraton  sebagai ajang memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia, khususnya masyarakat Seattle dan sekitarnya.

Keraton yang merupakan program tahunan ISAUW, sekarang telah menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di Seattle.  Di bawah kepimpinan Alisson Hartono, Keraton 2016 diharapkan akan menarik lebih dari 8.000 pengujung.  Disamping ajang promosi budaya Indonesia, dalam Keraton 2016 ini, ISAUW juga melakukan bakti sosial.  ISAUW akan menyumbangkan sebanyak 30% dari keuntungan yang didapat dari acara Keraton kepada SOS Children’s Village Indonesia.

Keraton 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2016, bertempat di jantung kampus University of Washington yang bernama the HUB. Acara yang akan berlangsung dari pukul 15.00 hingga 21.00 ini menampilkan berbagai macam tari-tarian tradisional dan lagu-lagu Indonesia, juga beberapa permainan tradisional seperti lomba makan kerupuk, dan lain-lain. Tentunya, berbagai macam makanan Indonesia yang selalu dirindukan oleh orang Indonesia diperantauan juga akan disajikan.

Keraton ISAUW

Acara yang merupakan salah satu event promosi budaya Indonesia terbesar di daerah pantai barat Amerika ini, tidak hanya atraktif namun juga informatif dan edukatif.  Keraton 2016 akan memperkenalkan angklung, dan mengadakan Batik workshop untuk memperkenalkan proses-proses pembuatan batik kepada pengunjung.  Untuk menarik lebih banyak pengunjung dari kalangan internasional, panitia Keraton 2016 juga mengundang bintang tamu Jason Chen yang merupakan salah satu artis penyanyi sensasional di YouTube.

Dalam mengadakan acara Keraton 2016 ini, ISAUW mendapat dukungan yang besar dari berbagai pihak, para sponsor dari Tanah Air dan dari Amerika Serikat, juga teman-teman dari berbagai organisasi mahasiswa Indonesia di universitas-universitas lain di Seattle, seperti Permias Seattle, Rajawali, Edmonds IndoClub, Indonesian Student Association of North Seattle, Indonesian Fellowship Club Bellevue, Indonesian Student Association Seattle University, Indonesian Student Club Shoreline, Indonesian Student Organization Green River College, Seattle Central Indo Club, dan yang lainnya.  Mahasiswa Indonesia Bersatu di Seattle! (Mr Bangkit/ISAUW)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment