(IndonesiaBangkit.Net, Sumbawa) Unik dan menarik, itulah salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dalam merayakan HUT RI ke-72, tahun 2017. Sekelompok remaja, yang tergabung dalam pustaka pinggir kali (PUPINKA),  di rw 03, Kelurahan Bugis, Kota Sumbawa Besar, menyemarakkan peringatan HUT RI ke-72 ini,  dengan aneka lomba yang digelar di dalam aliran sungai. Semua kegiatan dipusatkan di dalam dan bantaran sungai, Karang Bage, seperti lomba baca puisi, lomba tarik tambang dan lari karung, Salah satu yang menarik perhatian warga yakni lomba memukul tetangga dengan bantal, taman bacaan di sungai serta bazar yang juga digelar di bantaran sungai. Salah satu lomba yang menarik perhatian yakni lomba memukul tetangga dengan bantal yang menjadi perhatian warga dan pengunjung yang hadir.

Para peserta ibu ibu dan juga anak anak ini berlomba dengan tetangga terdekat mereka saling pukul dengan bantal diatal sebatang bamboo. Bahkan setelah tidak berhasil melumpuhkan lawan dengan bantal, mereka langsung bergulat dan saling banting hingga salah satunya terjatuh ke dalam air dan tidak jarang keduanya ikut tercebur ke sungai. Salah seorang peserta mengaku walaupun sedikit menimbulkan rasa sakit akibat saling pukul dengan tetangganya, namun tidak menimbulkan amarah karena itu dianggap sebagai permainan dan ajang silaturrahim. Moment ini juga membangkitkan semangat dalam mengenang jasa para pejuang kebangsaan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda merebut dan mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.
“Sedikit sakit saat kami saling pukul dengan bantal, tapi tidak apa apa, kami tidak marah karena ini hanya permainan dan ajang kumpul kumpul tetangga dan silaturrahim,” ujar eni, salah seorang peserta
lomba saling pukul dengan bantal. Panitia Penyelenggara, Yadi didampingi Heru Kalbuadi kepada, IndonesiaBangkit.Net, mengatakan, beragam kegiatan ini dilaksanakan sejak 18 Agustus lalu. Sejak didirikan pada 21 April 2017 lalu, Pupinka rutin menggelar kegiatan serupa terutama di setiap momen hari-hari besar termasuk Bulan Ramadhan kemarin dengan lomba bernuansa religi. Untuk HUT RI ke-72 ini, Pupinka ingin menjalin dan mempererat silaturrahim, melakukan kegiatan yang mengasyikkan. Hal tersebut untuk membangkitkan semangat dalam mengenang jasa para pejuang kebangsaan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Karena itu tugas generasi sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bernilai positif. Selain itu Pupinka yang masih seumur jagung ini, ingin terus berkreasi memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Mengawali dengan mendirikan taman bacaan dalam rangka menarik minat baca anak-anak, juga sebagai wadah untuk mengakomodir anak-anak putus sekolah, buta aksara dan buta baca Al-Qur’an, serta korban narkoba, komix dan tramadol. Semua itu dilakukan Pupinka secara sukarela tanpa pamrih. Semua yang tergabung dalam Pupinka adalah remaja dan para pemuda dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. “Alhamdulillah, sedikit demi sedikit, secara bertahap sudah ada perubahan,” ucap Yadi. Sementara sebagian ikut lomba, sebagian warga lainnya sibuk berbelanja di bazar yang juga digelar di bantara sungai di lokasi lomba. Warga antusian belanja kebutuhan yang dijual pihak panitia dengan harga yang lebih murah dari harga di pasar. (Kahe)


Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment