RAWAN BANJIR, WARGA DESA SAURIP DIHIMBAU TIDAK MEMBUANG SAMPAH DISUNGAI

(IndonesiaBangkit.Net, Ciamis) – 5 September 2018 – Warga yang tinggal dibantaran sungai di desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan ke Sungai. Kebiasaan membuang sampah ke Sungai, dapat memicu terjadinya pendangkalan di aliran Sungai tersebut, dan menyebabkan banjir saat musim hujan datang.

“Saat ini, kesadaran warga masih kurang, karena masih banyak tumpukan sampah rumah tangga, yang dibuang ke Sungai,” Ungkap Sekdes Sukahurip, Jarmin Teguh Prabowo, saat melakukan penijauan disalah satu aliran Sungai yang ada diwilayah Dusun Sambungjaya. Jarmin, mengatakan kurangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan sungai ini, mengakibatkan sebagian wilayah di Desa Sukahurip, sering dilanda banjir saat musim hujan datang.

“Pemerintah Desa Sukahurip, terus melakukan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat, agar tidak membuang sampah ke dalam aliran Sungai, untuk mengurangi terjadinya musibah bencana banjir,” Ujarnya. Selain sosialisasi, kata Jarmin, Pemerintah Desa Sukahurip, juga telah memasang spanduk dan himbauan, agar warga masyarakat yang tinggal disekitar bantaran Sungai, untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Buanglah sampah pada tempatnya, jangan dibuang ke aliran Sungai, agar tidak terjadi bencana banjir,” ajaknya. Jarmin, berharap kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal diwilayah Desa Sukahurip, untuk tidak lagi membuang sampah ke aliran Sungai, agar mereka terhindar dari musibah bencana banjir yang bisa merugikan banyak orang. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment