(IndonesiaBangkit.Net, Sumbawa) Ratusan wisatawan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memadati obyek wisata Sungai Teba Murin, sembari melihat sumur di dalam aliran sungai dan menikmati keindahan alam, menghabiskan masa liburan bersama kerabat dan keluarga. Untuk menuju ke obyek wisata yang terletak di Desa Lenang Guar, Kecamatan Lenang Guar, ini, kita menempuh perjalanan selama dua puluh menit dari kota sumbawa besar atau lima menit dari desa setempat.

Setelah tiba di lokasi parkir kendaraan, maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi. Akses ke lokasi bisa ditempuh dengan menuruni tebing, jalan setapak berupa tangga dari batu alam yang sudah ada di sepanjang jalan. Setelah berjalan selama sepuluh menit, maka kita akan tiba di lokasi
wisata teba murin. Obyek wisata ini berada di dalam hutan dengan pemandangan alam yang indah dan air sungai yang jernih.

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa makan makan dan duduk santai di atas hamparan batu besar yang berada di sepanjang aliran sungai. Pengelola obyek wisata yang merupakan pemuda Desa Lenang Guar ini, melayani para wisatawan dan tamu dengan sopan dan menggunakan pakaian adat suku Sumbawa.  Para pengunjung akan disuguhi makanan khas sumbawa serta minuman khas desa setempat berupa minuman rebusan aneka kulit kayu obat dengan gelas terbuat dari bamboo.

Yang menjadi perhatian dan daya tarik pengunjung di teba murin adalah, berpoto dan melihat dari dekat sumur yang berada di dalam air di tengah aliran sungai. Konon tidak ada yang berani mandi di sumur ini,
namun kedalaman nya diperkirakan mencapai delapan meter. Disini para wisatawan mengabadikan sumur dengan berpoto dan selfie bersama.  Iis, salah seorang wisatawan mengaku, sengaja datang ke obyek wisata teba murin bersama rekan rekan untuk berlibur bersama kerabat. Kesempatan ini juga digunakan untuk berpoto di atas hamparan batu besar dan di dekar sumur tua di dalam aliran sungai.

“Yaa, disini kita bisa melihat pemandangan alam yang indah, air sungai yang jernih dan hamparan bebatuan yang besar dan udara yang sangat sejuk,” katanya. Menurut Iis, dirinya kali ini datang bersama rekan rekan sembari berwisata dan makan di lokasi. ”Saya penasaran karena sudah lama mendapat informasi mengenai keindahan teba murin ini, saya juga penasaran dengan sumur nya dan kami lansung poto poto bareng dan selfie di dekat sumur teba murin,” katanya menambahkan.

Nah bagi anda yang ingin bermalam di teba murin, maka anda bisa membawa tenda dan memasangnyaq di atas hamparan batu di sepanjang aliran sungai di lokasi. Berkemah malam hari di obyek wisata yang satu ini, dijamin aman karena warga desa juga menjaga lokasi ini, apabila banyak pengunjung yang nginap dan berkemah di lokasi. Nah anda penasaran dengan keindahan alam dan sumur tua di dalam sungai teba murin…, jangan lupa berkunjung, apabila anda datang ke Kabupaten Sumbawa. (Kahe)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment