RATUSAN WARGA SEKITAR DATANGI STASIUN JENAR, PURWOREJO UNTUK BEROBAT DI RAIL CLINIC

(IndonesiaBangkit.Net, Purworejo) – 10 Juli 2018 – Untuk berobat atau mendapatkan perawatan umumnya kita akan pergi ke rumah sakit atau klinik kesehatan. Namun pemandangan unik terjadi pada masyarakat yang bermukim disekitar Stasiun Jenar Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Selasa (10/7).

Mereka datang ke stasiun untuk mendapatkan pengobatan gratis yang digalang oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6. Pihak PT KAI menegaskan acara ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Tidak hanya didalam stasiun, warga mendapatkan pengobatan oleh tim medis langsung diatas gerbong Kereta Api Kesehatan (Rail Clinic). Pelayanan kesehatan di Stasiun Jenar ini dilayani dengan Rail Clinic generasi ke-4, dimana pada generasi 4 ini terdapat dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya berfungsi sebagai perpustakaan (Rail Library).

Adapun layanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic ini adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Sedangkan di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa.

Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan darat lainnya. Untuk mendapatkan layanan kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta untuk menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu.

Sampai saat ini, PT KAI memiliki empat kereta kesehatan atau Rail Clinic yang beroperasi di wilayah Sumatera dan Jawa. Tiga kereta kesehatan sebelumnya sudah disebar ke Medan, Palembang, dan Tanjung Karang. (Raya Sanjiwani)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment