RATUSAN WARGA DEMO MENOLAK MEGA PROYEK WADUK BENDUNGAN TERBESAR SE DUNIA

(IndonesiaBangkit.Net, Purworejo) – 26 April 2018 – Rencana pembangungan Bendungan Bener oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Desa Guntur kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo dipastikan alami kendala. Warga desa Wadas menolak dengan menggelar unjuk rasa sosialisi penambangan yang di gunakan untuk mega proyek bendungan bener.

Acara sosialisasi yang di adakan terkait untuk pembangun bendungan ini mendapat penolakan dari warga desa wadas kec mbener purworejo. Hampir semua warga mendatangi sosialisasi tersebut di balai desa untuk menyampaikan aspirasi bahwa warga tidak setuju dengan proyek penambangan yang ada di desanya.

Kepada IndonesiaBangkit.Net, Subhan salah satu warga desa wadas yang menolak, menjelaskan bahwa warga khawatir akan dampak dari penambangan tersebut. Penambangan dikhawatirkan sumber mata air dan perkebunan mereka akan terdampar, padahal mayoritas mata pencaharian nya,dari sektor perkebunan.

Warga juga menayakan ijin pengerukan pihak yang sosialisasi tidak dapat menunjukan surat ijin yg di minta masyarakat setempat. Posisi warga semenjak pertama pemberitahuan akan adanya proyek penambangan warga sepakat menolak sampai proses sosialisasi hari ini selesai.

Warga mengancam akan menggelar aksi penolakan lebih besar apabila aspirasi mereka tidak juga diindahkan. Sesuai rencana proyek bendungan bener senilai Rp 3,8 Triliun ini akan terealisasi pada tahun 2019. (Surya Nedi)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment