RAPAI UROUH ACEH ICON BUDAYA KOTA LHOKSEUMAWE SIAP RAIH REKOR MURI

(IndonesiaBangkit.Net, Lhokseumawe) -14 November 2017- Ratusan pemain Rapai Urouh dewan kesenian aceh kota Lhokseumawe tampil di lapangan hiraq dalam rangka penetapan rapai urouh sebagai ikon budaya di kota Lhokseumawe dan jelang rekor MURI tahun depan.

Para penari berasal dari 26 desa di kota Lhokseumawe tiap desa 15 orang. Sekitar empat ratus lebih rapai urouh ditampilkan oleh dewan kesenian aceh kota Lhokseumawe. Selain disaksikan oleh direktur MURI hadir kepala dinas pariwisata aceh Reza pahlevi. Dalam sambutannya mengatakan kepala dinas berharap keahlian mereka ditingkatkan kwalitasnya sehingga mempu tampil di even internasional dirinya juga meminta maaf pada para hadirin karena kali belum dapat menghadirkan 1500 rapai yang sebelumnya telah di rencanakan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh wakil wali kota lhokseumawe Yusuf Muhammad ditandai dengan pukul rapai serentak dan di sambut oleh ratusan penabuh rapai lainnya.

Ketua dewan kesenian aceh lhokseumawe Nazaruddin bin zainal abidin mengatakan rapai ini telah di daftarkan ke muri namun pihak muri sendiri masih perlu mengkaji, di khawatirkan ada kesamaan dengan rebana sehingga pihak MURI sengaja di undang untuk menyaksikan secara langsung kegiatan ini.

Rapai Urouh ini merupakan peninggalan budaya leluhur masyarakat aceh asli dalam menegakkan agama islam di bumi serambi mekah, Rapai dijadikan alat untuk mengumpulkan masyarakat pada masa itu. Didalam penampilannya rapai urouh ini di isi dengan atraksi debus dimana para penari debus bermunculan secara tiba dengan menusukkan pisau ke tubuh sambil mengikuti keseragaman  irama.

Bahan baku rapai sendiri berasal dari akar kayu  atau disebut bani kayu pilihan sehingga mampu mengeluarkan suara terbaik. Disamping itu kulit rapai juga di pilih dari kulit kambing pilihan selanjutnya di lakukan penyamakan selama empat bulan  agar suara dentuman menjadi lebih indah. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment