PUSKESMAS LALOLAE GELAR BAKSOS DAN LAUNCHING GERMAS

(IndonesiaBangkit.Net, Tirawuta) – 6 April 2018 – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Lalolae mengelar bakti sosial (Baksos) dan launching gerakan masyarakat sehat (Germas) Rabu (4/4). Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut Puskesmas Lalolae melakukan jalan santai dan senam bersama masyarakat Lalolae dan beberapa stakeholder.

Kepala Puskesmas (Kapus) Lalolae Sudarni Geno mengatakan, kegiatan Germas merupakan program yang harus diterapkan oleh semua masyarakat, agar kesehatan kita selalu terjaga. ” Tujuan germas ini bagaimana masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga pola makan ” tuturnya saat ditemui IndonesiaBangkit.Net Rabu (4/4).

Menurutnya, dalam melaksanakan program Germas tidaklah sulit sebab semua masyarakat dapat menerapkannya dilingkungan keluarga. Karena dalam Germas ada tiga poin utama yang harus diperhatikan oleh masyarakat yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah, melakukan aktivitas fisik, dan rutinitas pemeriksaan kesehatan.

Jika masyarakat telah menerapkan tiga poin penting tadi maka masyarakat akan selalu sehat. “Germas bisa kita laksanakan di kehidupan kita sehari-hari, dan jika kita terapkan Insya Allah kita akan bisa sehat dan terhindar dari penyakit ” jelasnya.

Untuk itu, Sudarni menganjurkan agar masyarakat mengkonsumsi sayuran dan buah yang ada disekitar kita dan menghindari makan mie instan. Agar tidak repot dan mengurangi biaya para ibu juga harus menanam sayur dan buah dihalaman rumah, memanfaatkan pekarangan.

Selain itu melakukan aktivitas fisik yaitu dengan beraktivitas dipagi hari begitu pula dimalam hari kita tidak dianjurkan untuk bergadang dan kita juga harus rajin pemeriksaan kesehatan kita secara berkala, sebanyak dua kali dalam sebulan. Untuk memudahkan masyarakat kami siapkan posko ditempat umum yakni dipasar dan semua petugas kesehatan melakukannya secara gratis. Jadi tak ada lagi masyarakat yang bermalas-malasan untuk memeriksakan kesehatannya jangan nanti mau sakit baru datang periksa.

Sementara itu, camat Lalolae Amiruddin mengapresiasi kegiatan Germas dan berharap masyarakat dapat selalu komitmen dan mendukung Germas ini. Sebagai bentuk dukungan yaitu dengan cara menjaga lingkungannya dan menerapkan pola hidup sehat dikalangan keluarga. ” Kita harapkan melaui Germas ini masyarakat semakin paham akan pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat” singkatnya. (Neno).


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment