PROGRAM TEROBOSAN IRIGASI GRATIS DESA KRANDEGAN, BENTUK UPAYA KETAHANAN PANGAN INOVATIF

(IndonesiaBangkit.Net, Purworejo) – 15 Juni 2020 – Ada hal yang unik kembali di Desa Krandegan. Kali ini dalam hal pemenuhan kebutuhan irigasi para petani. Di desa ini, semua sawahnya yang sekitar 80 hektar adalah sawah tadah hujan. Selama puluhan tahun, sawahnya hanya mengandalkan air hujan, dan air tanah yang disedot ke permukaan untuk mengairi tanaman padi.

Sejak beberapa tahun terakhir, ada terobosan baru yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, dimana mereka menaikkan air dari Sungai Dulang dengan pompa besar untuk kemudian dialirkan ke sawah milik petani. Hal ini sebenarnya juga banyak dilakukan oleh orang lain, namun bedanya, di desa Krandegan biaya digratiskan. Sementara di desa lain, petani harus membayar biaya solar dan operasional lainnya. Hal ini karena sampai saat ini, regulasi belum membolehkan dana desa dipakai membeli solar untuk operasional pompa air.

Saat ini, kemarau mulai datang, dan sawah di Desa Krandegan mulai kekeringan. Oleh karenanya, pompa air di Desa Krandegan juga mulai dioperasikan oleh Pemerintah Desa. Dan masih digratiskan, karena biaya solar dan operasional lain ditanggung oleh donatur.

Yang membedakan dari tahun sebelumnya adalah, untuk tahun ini warga “wajib” menyetorkan zakat pertaniannya ( bagi yang sudah memenuhi nishob ), dan sedekahnya ( untuk semua petani yang sawahnya dialiri air ) ke Posko Siaga Desa. Nantinya, dana zakat dan sedekah itu akan didistribusikan oleh Posko kepada warga miskin yang layak dibantu.

Saat di temui tim (indonesiabangkit.network) kepala desa krandegan kecamatan bayan kabupaten purworejo jawa tengah”Langkah ini untuk membantu dan memudahkan petani mendapatkan air irigasi untuk sawah mereka. Alhamdulillah, sejak ada pompa ini dan digratiskan, dalam satu tahun petani bisa panen tiga kali. Ini menambah kesejahteraan bagi mereka. Dan nantinya, mereka harus membayarkan zakat pertanian dan sedekahnya melalui Posko Desa untuk untuk diberikan ke warga lain yang kurang mampu. Ini untuk memupuk rasa kebersamaan antarwarga. Dari Purworejo Jawa Tengah Suryanedi untuk Indonesia Bangkit Network.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment