PHK KARYAWAN AKIBAT DEFISIT ANGGARAN, TABLOID WANITA INDONESIA MASIH BUKA LOWONGAN KERJA

(IndonesiaBangkit.Net, Jakarta) – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pekerja serta wartawan oleh manajemen PT. Citra Media Persada yang membawahi Tabloid Wanita Indonesia diakui dilatarbelakangi kondisi keuangan kantor yang defisit. Namun Dewi Syafrianis, salah satu korban PHK sepihak menilai manajemen perusahaan berbohong.

Menurut penelusuran IndonesiaBangkit.Net, pihak Tabloid Wanita Indonesia justru disaat melakukan PHK terus melakukan penerimaan karyawan baru. Terdapat sebuah posting lowongan kerja resmi yang tercantum pada akun Instagram Tabloid_wi.

Saat IndonesiaBangkit.Net coba hubungi melalui pesan singkat, manajemen perusahaan belum menjawab dan mengkonfirmasi apakah lowongan kerja tersebut masih dibuka atau sudah ditutup.

Polemik PHK ini terakhir sampai pada upaya mediasi bipartit antara pihak perwakilan karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja dengan manajemen di kantor LBH Pers, Jakarta Selatan, pada Jumat, 8 September 2018 lalu. Pertemuan ini tidak mencapai kesepakatan karena manajemen perusahaan tidak mau menanggapi tuntutan para karyawan terkait hak mereka setelah menjadi korban PHK.

Para karyawan korban PHK sepihak ini mempermasalahkan permintaan pihak perusahaan kepada para karyawan yang di –PHK untuk membuat surat pengunduran diri. Kedua mempertanyakan proses pembayaran uang pesangon yang akan diselesaikan dengan cara mencicil dalam waktu selama 24 kali atau 2 tahun.

“Berdasarkan UU Ketenagakerjaan yang dilakukan pihak manajemen kepada kami sudah jelas melanggar hukum. Bahwa karyawan yang di-PHK harus mendapatkan haknya yaitu berupa pembayaran uang pesangon harus dilakukan secara tunai. Kejanggalan yang lain adalah, kami ini kan di PHK, tapi kami justru diminta membuat surat pengunduran diri. Padahal antara PHK dan pengunduran diri merupakan 2 hal yang berbeda,” ungkap Budi Hartono, karyawan yang sudah 25 tahun bekerja. (Heri)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment