PESERTA JKN – KIS TETAP DILAYANI SAAT MUDIK DI KAMPUNG HALAMAN

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 5 Juni 2018 – Selama hari libur Idul Fitri 2018 tepatnya tanggal 7 – 23 Juni 2018, peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang menjalani mudik, tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan dengan prosedur yang telah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada diluar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu yang lama dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP. Dalam konferensi pers, Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari menjelaskan, BPJS Kesehatan dan Fakses tidak diperkenankan menarik biaya tambahan. Senin (04/06/2018).

“Kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan,” terangnya. Andayani memastikan, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment