PERINGATI BENCANA TSUNAMI, NELAYAN ACEH UTARA LIBUR MELAUT  

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 26 Desember 2017 – Memperingati bencana tsunami, ribuan nelayan di aceh tidak di benarkan melaut, hal ini dilakukan sebagai bentuk mengenang tragedi maut yang telah meluluhlantakkan wilayah aceh pada desember 2004 lalu ,bagi yang melanggar akan di kenakan sanksi .

Di pesisir pantai kuala cangkoi lapang aceh utara ,sejumlah boat nelayan tidak dibenarkan melaut, untuk mengenang tragedi tsunami 2004 lalu. Masyarakat yang berada di pesisir ini menambatkan perahu motornya, ulama dan masyarakat mendoakan agar dijauhi bahaya disamping mendoakan rezeki banyak saat melaut.

Perahu perahu motor di tepung tawari atau di peseujuk sambil di doakan agar kenderaan melaut ini membawa berkah. Selain itu ulama aceh, Walid muzakir abdullah, juga menepung tawari sebuah mobil yang ikut musibah saat tsunami aceh lalu. Dirinya berpesan pada pemiliknya agar merawat kendaraan ini, saat ini mobil ini masih berfungsi normal di tangan seorang jurnalis media tv nasional dan kenderaan ini masih berfungsi normal meski kondisinya telah banyak yang rusak .

Pada okasi ini ada hampir 200 perahu di tambat di pesisir pantai ini. Dimana panglima laut setempat M Hasan mengatakan, bagi yang melangar akan di kenakan sanksi. Ini merupakan perintah langsung dari panglima laot aceh, bagi yang melanggar akan di kenakan sanksi adat tidak di benarkan melaut selama satu minggu kata M hasan.

Para nelayan yang berada di pesisir ini tidak memaksakan kehendak  untuk melaut dan melanggar  larangan tersebut, meski mata pencarian mereka terhenti. Kesempatan ini justru digunakan untuk beristirahat sambil mempersiapkan segala keperluan nelayan untuk melaut esok hari. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment