PEMKAB KOLAKA TARGETKAN AKHIR 2019 RAMPUNG BENAHI RUMAH TAK LAYAK

(IndonesiaBangkit.Net, Kolaka) – 10 Maret 2018 – Pemukiman suku bajo yang terletak di pesisir laut desa hakatotobu, kecamatan pomalaa, kabupaten kolaka,sulawesi tenggara, sangatlah memperhatinkan, tak layak huni, serta tidak adanya MCK, serta kurangnya fasilitas air bersih selama ini.

Ini membuat dinas perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten kolaka, sulawesi tenggara, lakukan survei di pemukiman kampung suku bajo tersebut, yang terletak di desa hakatotobu, kecamatan pomalaa. Kedatangan tim survei ini guna memastikan langsung serta melihat kondisi rumah warga tidak layak huni dan akan di berikan bantuan perbaikan rumah layak huni serta MCK oleh pihak pemerintah kolaka.

Menurut kepala dinas perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten kolaka, Ir. Abas, berdasarkan UU No 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan pemukiman, fasilitas penyediaan perumahan kepada masyarakat itu menjadi tanggung jawab kita semua. Untuk itu pemukiman di kawasan suku bajo ini sangat layak mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat, melihat dari dua aspek yakni tehnik dan keamanan.

“Kita masih melihat ada lantai rumah masyarakat yang bocor, kemudian ada dindingnya rumah masyarakat yang tidak beraturan, kemudian kamar mandinya tidak layak serta MCK yang tidak ada sama sekali. Semua itu menjadi bagian dari pada persyahratan rumah sehat tidak layak huni,” papar kepala dinas.

Untuk itu Kampung bajo harus menjadi prioritas serta tantangan bagi dinas perumahan dan kawasan pemukiman yang akan didata juga untuk penyediaan fasilitas air bersih. Selama ini masyarakat sekitar suku bajo yang berada di pesisir laut kolaka, hanya mengandalkan air sumur bor, atau air tanah dangkal yang berkontaminasi dengan air laut.

Karenanya mulai tahun 2018 sampai 2019 nanti, kami akan membangun kawasan ini lebih baik lagi, agar kedepannya tidak ada lagi rumah kumuh di kawasan hakatotobu serta rumah tidak layak huni di kampung bajo khususnya di daerah kabupaten kolaka,sulawesi tenggara.(Yusrin)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment