Krisis listrik Nias

(IndonesiaBangkit, Gunung Sitoli) Bupati beserta Wakil Walikota Gunung Sitoli datangi lokasi pembangkit listrik milik PLN. Kedatangan para Kepala Daerah tersebut merespon keluar nya surat terbuka yang berisi penghentian pasokan Daya atas dua pembangkit listriknya di Idanoi dan Moawo.

Krisis listrik Nias

PLN hingga kini belum juga mampu merampungkan pembangunan pembangkit listrik kapasitas 24 megawatt. Padahal Kepulauan Nias tanda pasokan listrik dari pembangkit tersebut terancam kembali alami pemadaman.

Krisis pasokan listrik di Pulau Nias bermula dari konflik tunggakan PT PLN kepada pihak Amerika Power Rental. Karena itulah pasokan listrik sebesar 20 MW harus dihentikan hingga menyebabkan Kepulauan Nias terancam Gelap Gulita.

Krisis listrik Nias

Di sisi lainnya, pembangkit listrik bertenaga diesel dengan kapasitas 24 MW, belum juga rampung proses pembangunannya. Menurut pengakuan PT PLN Wilayah Sumatera Utara, penghentian pasokan listrik dari PT APR tidak beralasan karena pihak PLN tidak memiliki hutang ke pihak APR. Justru tindakan APR selaku rekanan dan mitra kerja melanggar ketentuan serta kontrak kerja yang telah disepakati diawal. PLN sampai saat ini baru membangun pembangkit berkapasitas 14 MW dan masih menunggu didatangkannya pembangkit dari Sibolga sebesar 6 MW.

Masyarakat Nias saat ini mulai resah terkait krisis pasokan listrik ini. Selain berdampak pada aktivitas keseharian, juga secara luas bisa perlahan membuat roda perekonomian terhenti. (Namone)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment