ONLINE SINGLE SUBMISSION, TEROBOSAN PERIZINAN LIMBAH B3

(IndonesiaBangkit.Net, Yogyakarta) – 27 Agustus 2018 – Minat untuk melakukan pengelolaan Limbah B3 secara legal terus menigkat dari tahun ke tahun. Hingga Juli 2018, telah diterbitkan 78 ijin pengelolaan limbah B3, terdiri dari 44 ijin pemanfaatan Limbah B3, 7 ijin pengumpulan limbah B3, 15 Ijin pengolahan limbah B3 dan 6 ijin dumping. Sejalan hal itu, pemerintah juga merilis kebijakan baru dalam hal proses pelayanan perijinan dengan sistim Online Single Submission (OSS).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung merespon kebijakan baru dengan berinisiatif melakukan workhsop dan sosialisasi terkait pengelolaan Limbah B3 yabg digelar Senin, 27 Agustus 2018 di Hotel Tentrem Yogyakarta. Sistem Online Single Sumbision (OSS) ini diatur dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.

Workshop bertema Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun untuk mmendukung Penerapan Online Sistem Submission (OSS) dalam rangka menigkatkan pengelolaan Limbah B3 menjadi sumber daya, dibuka secara resmi oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, KLKH Rosa Vivien Ratnawati, S.H. M. SD sekaligus menjadi keynote speech.

” Itulah sebab, saya katakan juga bahwa Workshop dan Sosialisasi di Yogyakarta ini, sekaligus merupakan ajang komunikasi antar berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan limbah B3..”, ujar Rosa Vivien Ratnawati. Rosa juga menegaskan, OSS dilakukan sebagai upaya terobosan yang dilakukan sebagai upaya efektif tidak hanya soal pengelolaan namun lebih jauh adalah pemanfaatan limbah B3 dalam berbagai dimensi bidang.

Diikuti oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari perwakilan dari Instansi Ligkungan Hidup dari Provinsi dan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit, dan Perusahaan Penghasil Limbah B3 dan jasa Pengelolaan Limbah mulai dari tanggal 27 hingga 28 Agustus 2018. (Raya Sanjiwani)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment