MESKI LIBUR HARI LIBUR WAISAK, BPN KOLAKA UTARA LAKSANAKAN PROGRAM IP4T

(IndonesiaBangkit.Net, Kolaka) – 29 Mei 2018 – Dalam rangka program inventarisasi tanah (IP4T) di Kabupaten Kolaka Utara, Badan Pertanahan Nasional wilayah kabupaten kolaka utara melakukan kegiatan inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, selasa (28/05). Kegiatan dilaksanakan di beberapa kantor pertanahan di sulawesi tenggara, kantor pertanahan kab. Kolaka Utara dengan total bidang tanah sebanyak 2000 bidang, tersebar di desa lahabaru 500 bidang sapoiha 500 bidang dan desa tojabi 1000 bidang.

Kepala kantor BPN Kolaka Utara, Suangto, SH. MH. Mengatakan Tujuan di laksanakan kegiatan ini adalah untuk menginventarisir semua bidang tanah yg sudah terdaftar maupun yg belum terdaftar, baik itu tanah sengketa maupun tanah yg sementara diolah oleh pemiliknya. “Kedepan bidang tanah yg sudah di inventarisir tersebut dan belum terdaftar, maka akan didaftarkan untuk penerbitan sertifikat”. ujarnya.

Kegiatan ini masih berlangsung di beberapa desa di kabupaten kolaka utara diantaranya desa lahabaru, desa sapoiha dan desa Tojabi. “Insya allah untuk pemetaan dan inventaris datanya dan pembuatan sket bidang tanahnya akan kami selesai bulan juni” tambahnya.

Diharapkan dari kegiatan IP4T adalah adanya Peta Penguasaan Tanah, Peta Pemilikan Tanah, Peta Penggunaan Tanah dan Peta Pemanfaatan Tanah. Suangto menambahkan selain agenda IP4T, Kantor BPN Kolaka Utara juga telah menuntaskan sebanyak 3000 bidang tanah dalam kegiatan sertifikasi PTSL ( Pendaftaran tanah sistematis lengkap) dan Lintas Sektor. “Kita syukuri dengan tuntasnya kegiatan PTSL tersebut Kabupaten Kolaka Utara meraih peringkat kinerja tertinggi ke empat nasional dan peringkat pertama di wilayah Sulawesi tenggara”. tuturnya. (Utha)


Was This Post Helpful:

2 votes, 3 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment