(IndonesiaBangkit, Jakarta)-Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita dan Gubernur DKI, Djarot Saeful Hidayat menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Rumah Potong Ayam Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (17/6).

Hasil pantauan di PIBC harga beras stabil dan aman dengan stok yang melimpah yakni mencapai Rp 7.400 hingga Rp 11.000 per kg kualitas premium. Stok bawang putih pun melimpah sehingga harganya turun drastis yakni Rp 17.500 per kg. Terkait beras, pemerintah menjamin sampai dengan akhir tahun, stok beras aman dengan harga stabil. Stok beras ini dipenuhi sepenuhi dari produksi dalam negeri.

“Dulu kita impor beras dan sekarang sudah kita penuhi dengan produksi beras dalam negeri, dan harga kita saat ini sudah stabil. Beras dulu kita impor tetapi sekarang harganya terus turun dan petani menjadi tertekan,” terang menteri pertanian.

Hal senada juga ditegaskan Mendag Enggar, ¬†stok pangan saat ini cukup dan harga stabil. Menurutnya, kondisi ini terjadi karena ada kerjasama antara pemerintah daerah dan BUMD.¬† “Info pangan Jakarta, setiap pagi jam 9 sdh kami perbaharui harga di pasar. Kesiapan pangan DKI sudah sangat luar biasa ketersediaanya di pasar. Bawang putih harganya Rp 17.500 di pasar induk. Kalau harga naik maka kita akan langsung mencari siapa pelaku importirnya,” tegasnya.

Sementara itu , Gubernur DKI Jakarta, Djarot menambahkan, pemerintah DKI Jakarta terus mengurai berbagai permasalahan pangan sehingga pasokan terus terjamin dan harga stabil serta petani tidak merugi. “Ketika produksi pangan melimpah, kami minta daerah sentra pangan pun bangun gudang sehingga kami cepat menyerapnya. Harga tidak jatuh dan petani tidak rugi,” ujarnya. (Astuti)

 


Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment