(IndonesiaBangkit.Net, Padangsidempuan) Korban Banjir bandang di enam kecamatan, di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara menagih janji Walikota Padangsidempuan, Andar Amin Harahap terkait dana pembangunan rumah para korban banjir bandang (26/03) silam.Ironisnya meski sekitar lima bulan berlalu banjir bandang melanda hingga saat ini para korban banjir bandang belum juga mendapat bantuan dana pembangunan rumah.

Seperti halnya Ruslan salah satu korban banjir bandang warga Jalan kenanga Gang Pendidikan, Kecamatan Padangsidempuan Selatan, Kota Padangsidempuan, yang mengaku hingga lima bulan banjir bandang sudah berlalu, janji walikota Padangsidempuan, yang akan menyalurkan dana bantuan renovasi Rumah bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal tak kunjung datang.

 

“Saat banjir bandang kita didata untuk ganti rugi pembangunan Rumah dan uang untuk kontrakkan rumah sementara, bagi kita yang Rumahnya hanyut terbawa arus banjir bandang, eh sampai sekarang  walikota hanya janji doang tak ada semuanya yang dibantu” keluhnya kepada IndonesiaBangkit.Net.

Sementara itu kepala Badn Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padangsidempuan Ali Ibrahim Dalimunthe mengatakan pemerintah daerah sudah mengusulkan dana renovasi rumah ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB Pusat ) bagi Para korban bencana banjir bandang di Kota Padangsidempuan, namun Pemerintah Kota Padangsidempuan terkendala sulitnya penyediaan lahan untuk renovasi Rumah Bagi Para korban bencana.

“ Kita sudah ajukan ke BNPB Pusat yang menjadi kendala sulitnya penyediaan lahan untuk melakukkan renovasi rumah tersebut, karena BNPB tidak mau membangun rumah disepanjang Daerah aliran sungai atau DAS”. Ungkapnya. Penanganan para korban banjir bandang diduga disebabkan Pemko Padangsidempuan tak dapat menyediahkan Tanah untuk lahan relokasi para korban banjir bandang.

Data dari BPBD Kota Padangsidempuan tercatat sebanyak 115 Rumah hanyut, 58 Rumah mengalami rusak ringan, Rumah sedang 21 dan 69 Rumah Rusak Berat. Sejumlah warga korban banjir bandang hingga kini masih berharap agar walikota Padangsidempuan Andar Amin Harahap, dapat menepati janjinya untuk membantu para warga korban banjir bandang yang kehilngan tempat tinggal mereka. (Anto)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment