LAZ AL AZHAR KEMBALI GELAR PASAR QURBAN MUBARAK 2018

(IndonesiaBangkit.Net, Jakarta) – 14 Agustus 2018 – Hari Raya Idul Adha 1439 H tinggal menghitung hari. Umumnya umat muslim yang sudah berniat untuk berqurban mulai mencari-cari hewan terbaik untuk diqurbankan. LAZ Al Azhar bersama Takmir Masjid Agung Al Azhar gelar Pasar Qurban Mubarak dilapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan (Selasa 14/08).

Ketua Umum YPI Al Azhar Bapak H. Sobirin HS mengatakan digelarnya Pasar Qurban ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin ibadah qurbannya jelas dan syar’i. “Masyarakat banyak yang merindukan ingin berkurban melalui lembaga terpercaya agar bisa didistribusikan ke kaum yang membutuhkan, tapi kalau tidak melihat hewan qurbannya secara langsung seperti tidak terpuaskan dan masih ada yang mengganjal di hati. Oleh karena itu dengan adanya pasar qurban ini dapat menghindari gharar dalam transaksi qurban karena jelas hewan dan bobotnya”, kata Sobirin saat meresmikan Pasar Qurban.

Lanjut Sobirin, Pasar Qurban ini juga bisa dijadikan alternatif masyarakat untuk jalan-jalan sambil memberikan edukasi kepada keluarga. “Jika Anda membawa anak dan keluarga saat mendatangi Pasa Qurban ini, kan ada unsur pembelajaran kepada mereka tentang qurban, bagaimana kriteria hewan yang boleh dijadikan qurban, baik itu dari segi usia dan fisik hewan qurban, dan semua hewan yang ada di Pasar Qurban sangat memenuhi syarat untuk dikurbankan karena dibudidaya dengan baik oleh kelompok peternak binaan”, ujar Sobirin.

Sementara itu,  Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Bapak Sigit Iko Sugondo mengatakan jika membeli hewan qurban di Pasar Qurban Mubarak berarti juga telah mendukung program pencetakan sarjana baru di desa dalam program Dari Domba Jadi Sarjana.

“Hewan qurban yang disediakan disini berasal dari para peternak binaan dalam program pemberdayaan ekonomi keluarga Sejuta Berdaya. Jika Anda berqurban disini, akan menjadi jalan emas untuk mereka dalam meningkatkan kesejahteraan secara berkelanjutan melalui beragam program pemberdayaan dan dampingan. Dengan meningkatnya penghasilan, mereka akan mampu menyediakan dana untuk pendidikan, hingga nantinya akan lebih banyak lagi muncul sarjana dari desa-desa di Indonesia”, jelas Sigit.

Pasar Qurban Mubarak ini berlangsung hingga tanggal 22 Agustus 2018. Hewan qurban yang dibeli bisa diantar ke rumah dengan gratis biaya kirim, bisa dipotong di Masjid Agung Al Azhar dengan gratis biaya pemotongan dan pencacahan atau hewan qurban didistribusikan ke desa binaan yang rawan pangan, minoritas muslim serta pasca bencana seperti Lombok. (Ridhuan)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment