(IndonesiaBangkit, Maluku Tenggara Barat) Insiden penamparan peserta didik di SMAN 1 Tanimbar Selatan oleh oknum guru sempat heboh dimasyarakat setempat. Untuk mengklarifikasi hal ini Jurnalis IndonesiaBangkit.Net, Aprilia Masela mewawancarai Kepala SMA Negeri  I Tanimbar Selatan, Anakletus Dasfamudy pada kamis (18/05), berikut petikan wawancaranya :

IndonesiaBangkit.net (IBN) :  “Ini terkait dengan video kekerasan oknum guru yang menampar 4 siswi itu, yang kini telah viral di dunia maya pak bahkan mungkin laporannya sudah masuk di kementerian  pendidikan, Bagaimana tanggapan bapak ? ”

Kepala SMAN 1 Tanimbar Selatan : “Ya, sejauh ini, saya belum mengetahui apakah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengetahui apa belum”.

 IBN : “ Apa alasan oknum guru tersebut memukul siswinya sampai ditampar sampai berulang-ulang ? ”

Kepala SMAN 1 Tanimbar Selatan : “Ada beberapa hal yang mendasari tindakan guru tersebut kepada siswa, yang pertama siswa tersebut selalu absen ketika guru tersebut mengajar. Yang kedua, pada waktu kejadian tersebut keempat siswi ini berada di luar kelas saat jam mengajar, dan guru itu telah memanggil para siswi tersebut dua dampai tiga kali, namun mereka tidak gubris untuk masuk ke dalam kelas. Yang ketiga diantara empat siswi ini ada dua siswi yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan ibuguru tersebut. Maka dengan demikian sewaktu mereka masuk ke dalam ruangan, secara reflex guru tersebut melakukan tindakan tersebut”.

“ Bagi saya sebagai kepala sekolah hal tersebut tidaklah wajar, tetapi kita harus melihat konteks kejadian saat itu. Saya menyatakan demikian bukan berarti saya membela guru saya”.

IBN : “ Apakah oknum guru tersebut sudah dipanggil atau diberikan sanksi, lalu apakah persoalan ini juga dibawa ke ranah hukum ? ”

Kepala SMAN 1 Tanimbar Selatan : “ Saya  sudah memanggil oknum guru tersebut. Berkaitan dengan pihak kepolisian, guru tersebut telah dilaporkan namun kami pihak sekolah, bersama guru, dan orang tua dari keempat siswi tersebut sudah menyelesaikan dengan jalan damai dan secara  kekeluargaan. Guru tersebut telah menyesali perbuatannya”.

IBN : “ Apakah ada Klarifikasi dan tanggapan bapak terkait dengan video kekerasan guru terhadap siswi yang kini menjadi viral di media sosial, media televisi, maupun media online pak  ? “

Kepala SMAN 1 Tanimbar Selatan : “ Atas nama pimpinan sekolah saya mengucapkan terimakasih, kepada media Indonesia bangkit.net karena memberikan kami ruang untuk melakukan klarifikasi terhadap video kekerasan yang kini menjadi viral di media sosial”.


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment