KEMENSOS SOSIALISASI PROGRAM SAKTI PEKSOS DIWONOSOBO

(IndonesiaBangkit.Net, Wosonobo) – 28 Oktober 2019 – Tingginya kasus kekerasan yang melibatkan anak sebagai korban ataupun pelaku khususnya di Kabupaten Wonosobo, membangkitkan hati nurani Pekerja Sosial Perlindungan Anak Kementerian Sosial RI terus bersemangat dalam rangka mensosialisasikan program preventif untuk mengurangi kasus kekerasan pada anak yang bernama Sakti Peksos (Satuan Bakti Pekerja Sosial) Goes to School dengan mengunjungi SMP N 3 Garung Wonosobo pada Kamis (24/10/2019).

Kegiatan dilaksanakan di mushola sekolah dengan perwakilan 25 siswa siswi SMP N 3 Garung dengan didampingi Ibu Retno dan Ibu Supanti selaku guru di SMP tersebut. Edukasi Stop! Kekerasan terhadap Anak disampaikan oleh Pekerja Sosial beserta Psikolog.

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai, bentuk kekerasan pada anak (kekerasan fisik, kekerasan psikologis,kekerasan seksual, dan kekerasan sosial), akibat kekerasan pada anak, dan bagaimana cara penanganannya.

Tidak hanya pemberian materi namun juga dikemas dalam bentuk role play “bermain peran”. Hal ini membuat suasana menjadi lebih hidup karena siswa dan siswi diberikan tugas untuk bermain peran sebagai korban dan pelaku bullying yang terbagi dalam 3 kelompok. Siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini yaitu merespon saat pembicara bertanya, adanya kontak mata dengan pembicara, dan terlihat bersemangat dalam menjalankan perannya saat role play.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa agar terhindar dari perilaku kekerasan serta dapat menjadi stake holder untuk dapat mensosialisasikan kepada teman-teman yang lain. Kepala sekolah Bapak Suwarna, S.Pd menyambut baik kedatangan Tim dan berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi siswa agar terhindar dari perilaku kekerasan terhadap anak. (Suryanedi)


Was This Post Helpful:

1 votes, 4 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment