KEMENKUMHAM BERI REMISI 407 NARAPIDANA DAN ANAK PIDANA LAPAS LHOKSUKON DAN LHOKSEUMAUWE, SATU LANGSUNG BEBAS

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 17 Agustus 2018 – Kemenkum Ham memberikan remisi terhadap 407 narapidana dan anak pidana di rutan Lhoksukon dan lapas kelas 11 a lhokseumawe satu dinyatakan bebas. KemkumHam RI juga berikan remisi 134 Napi di lapas lhoksukon dan 273 di lapas Lhokseumawe dimana mereka masing masing mendapat pengurangan masa tahanan mulai 1 sampai enam bulan. Di lapas Lhokseumawe satu orang mendapat remisi bebas dan dua narapidana korupsi masing masing mendapat satu sampai enam bulan sedangkan 4 napi korupsi di rutan lhoksukon tidak ada yang mendapat remisi.

Rutan Lhoksukon ini sendiri diketahui telah melebihi kapasitas tampung dari normal 75 orang kini harus dihuni 430 orang sehingga harus berdesak desakan. Kepala  rutan  lhoksukon yusnal mengakui itu namun pihaknya terpaksa menangani para napi ini secara kekeluargaan agar tidak menimbulkan persoalan “Kita tangani secara kekeluargaan biar menyatulah kita dengan mereka” kata yusnal pada  IndonesiaBangkit.Net.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib yang melihat langsung keberadaan napi di rutan lhoksukon ini saat peringatan HUT ke 73 RI yang di selenggarakan bersama napi dimana di dalam rutan bupati juga membacakan keputusan kemenkumham terkait remis. Bupati mengakui pada dasarnya kondisi lapas ini sangat memprihatinkan, untuk itu pemerintah aceh utara telah mempersiapkan lahan untuk membangun lapas baru diatas tanah yang telah disediakan.

“Selaku pemerintah telah kita beli tanah sejak 2012 lalu insya allah pemerintah pusat sudah meresponnya, kalau lapas ini sebenarnya diseluruh indonesia sama kondisinya seperti ini, meski sesak kita masih bisa memilah, pak yusral akan dipanggil  ke jakarta dan saya yakin tanah yang sudah dibeli akan di bangun oleh pemerintah pusat “ kata muhammad thaib atau akrab si sapa cek mad ini. Rutan lhoksukon aceh utara semakin hari semakin meningkat dengan napi narkoba hingga  85 persen sedangkan napi koruptor hanya 4 orang, disamping kriminal lainnya. Pihak lapas terkadang harus menggunakan lantai dan ruangan lainnya untuk dijadikan tempat tidur. (Bang Pon)

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment