KEMENDES DORONG DESA BERINOVASI KEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN

(IndonesiaBangkit.Net, Ponorogo) – 1 Januari 2018 – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi mendorong desa-desa untuk lebih kreatif ciptakan inovasi sesuai potensi yang ada. Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi menegaskan hal tersebut saat hadiri bursa inovasi desa dan pameran produk unggulan desa di kabupaten Ponorogo Jawa Timur Minggu (31/12/2017).

Program inovasi desa sesuai tujuan awnya memang dirancang untuk memberikan percepatan terkait perwujudan desa-desa bisa lebih cepat mandiri, berkembang dan demokratis. “Bukan hanya program inovasi desa saja yang kita laksanakan diseluruh Indonesia. Kita juga melaksanakan bursa inovasi desa yang merupakan ajang penyebaran dan pertukaran gagasan-gagasan kreatif dan inovasi masyarakat desa,” kata Anwar Sanusi.

Beragam aneka inovasi desa di Ponorogo terdata sudah ada 204 jenis kegiatan yang mencakup bidang kewirausahaan, infrastruktur dan sumber daya manusia. “Harapan kami, dengan mereka saling bertukar pengetahuan dan saling bertukar pengalaman. Hasilnya bisa tercipta suatu pengalaman-pengalaman yang secara kolektif yang nantinya akan dapat dimanfaatkan oleh masing-masing desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sejumlah pihak yang menghadiri pembukaan pameran adalah Wakil Bupati Ponorogo, Bank Dunia, Konsultan Nasional Program Inovasi Desa (PID), Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Jawa Timur, Konsultan Pendamping Wilayah 4 (KPW 4) P3MD Jawa Timur, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ponorogo, Tim Inovasi Kabupaten Ponorogo (TIK). Forum bursa inovasi desa disebutkan menjadi ruang pertukaran ide-ide inovatif, sekaligus mampu memperkaya referensi pemerintah desa dalam pembangunan desanya. (Raya Sanjiwani)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment