KARYA WARGA BINAAN LAPAS CIKARANG TEMBUS PASAR EKSPOR

(IndonesiaBangkit.Net, Cikarang) – 17 Februari 2018 – Tidak terbersit dibenak siapapun untuk terlibat tindak kriminal dan berakhir di Lembaga Pemasyarakatan. Namun apabila status narapidana sudah disandang, masih terbuka kesempatan untuk bisa lebih baik di tengah masyarakat usai jalani masa hukuman.

Tak hanya itu, kini warga binaan lembaga pemasyarakatan secara berkelanjutan terus dibekali keterampilan serta keahlian yang bisa digunakan saat mereka kembali bebas. Contohnya adalah lembaga pemasyarakatan Cikarang di Kabupaten Bekasi dengan 1484 warga binaan atau 350 orang setiap bloknya.

Kepada IndonesiaBangkit.Net, Kalapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta menjelaskan warga binaan terus dibina keahlian terus menerus selama dalam lingkungan lapas. Didalam lapas cikarang sendiri ad beberapa ketrampilan yang bisa napi lakukan selama ia di dalam lapas sebut saja montir, sablon, pertukangan, bahkan ada pabrik pembuatan sparepart plastik untuk kebutuhan kendaraan motor yang kesemuanya dibuat di Lapas Cikarang.

Pabrik plastik ini salah satu komoditi unggulan yang ada di Lapas Cikarang, ungkap kadek karena hasil olahan plastik yang berjumlah ratusan model ini sudah di ekspor ke philipina ini yang sangat membanggakan buat lapas cikarang.

Beragam pembinaan ini untuk memacu para napi setelah keluar bisa berwirausaha sendiri ketika dia di dalam lapas ilmu yang didapat bisa di kembangkan dan saat di tengah masyarakatnya. Dirinya juga berharap ada pihak pemodal yang mau masuk ke dalam lapas untuk berinvestasi hingga meningkatkan produksi. (Rio)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment