KAPOLRES BANJAR : HADAPI CORONA WASPADA TAPI JANGAN PANIK

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 8 Maret 2020 – Polres Banjar Polda Jabar menggandeng Pemkot Banjar dan Kodim 0613 Ciamis menggelar gowes bersama dari Mapolres hingga Ecopark Banjar, Minggu (8/3/2020). Gowes ini merupakan ajang sosialisasi edukasi supaya warga tidak panik menghadapi virus corona. Kegiatan diikuti pula oleh Para Pejabat Utama Mapolres Banjar kemudian Kodim 0613 Ciamis ,Bataliyon 323 Raider Buaya Putih dan Ketua Bhayangkari Cabang Banjar Ny Indah Yulian bersama seluruh pengurus Bhayangkari Cabang Banjar dan Polwan Polres Banjar

Pada even ini Polres Banjar mengenalkan tagline #waspadaharuspanikjangan #goweskuatcoronaminggat dan #betiskerascoronadilibas. “Musuh terbesarnya sebenarnya bukan corona. Tapi sikap kita menghadapi corona. Waspada harus tapi jangan panik,” ucap Kapolres Banjar Ajun Komisaris Besar, Yulian Perdana SIK saat ditemui usai gowes di Ecopark Banjar. Menurut Kapolres bahwa olahraga gowes dipilih sebagai ajang sosialisasi edukasi Corona karena dianggap murah, meriah dan merakyat. Kota Banjar, katanya, ideal untuk bersepeda karena infrastruktur mendukung dan banyak spot-spot wisata menarik.

“Kalau warganya banyak berolahraga pastinya coronanya akan minggat,” jelas Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana,SIK didampingi Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S. Mengenai keberadaan masker di Kota Banjar, AKBP Yulian menjelaskan, permasalahan itu bukan disebabkan warga membelinya secara massal. Masker berkurang karena berkurangnya distribusi oleh suplayer.

“Hasil pemantauan kami, tidak ada panic buying di Banjar. (Setok masker) untuk peruntukannya mencukupi. Untuk orang sakit, paramedis dan dokter cukup,” jelasnya. Dirinya pun menegaskan akan menindak jika ada pihak-pihak yang berusaha menimbun masker maupun menjualnya di atas harga standar.

Wali Kota Banjar,Dr Hj Ade Uu Sukaesih Msi menyampaikan salah satu cara mencegah virus Corona adalah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, harus rajin berolahraga dan istirahat yang cukup supaya badan sehat dan kuat. “Tidak merokok kemudian jaga kebersihan lingkungan dan selalu cuci tangan dengan sabun tentunya dengan air mengalir,” jelasnya.

Lebih lanjut Ketua IDI ( Ikatan Dokter Indonesia ) Kota Banjar dr. Fuad Hanif, Sp. S., M.Kes. menambahkan bahwa masyarakat harus rutin menjaga kebersihan terutama cuci tangan dengan sabun, atau memakai handsanitizer yang mengandung antiseptik. Terakhir, istirahat cukup, jaga makanan  bergizi, olahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya. Warga Kota Banjar Surtini setuju dengan adanya sosialisasi edukasi terkait Corona. Kegiatan ini, kata dia, supaya pengetahuan warga bertambah terkait Corona. “Iya bagus. Biar warga tidak panik,” katanya.

Sementara itu, selain kegiatan gowes, pada acara ini warga diajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Sejumlah polwan memperagakan cara mencuci tangan tersebut dengan senam cuci tangan. Peserta gowes dari Polres Banjar juga membagikan pamflet yang berisi cara menggunakan masker dan mencuci tangan yang benar. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment