KANWIL KEMENKUMHAM KENDARI BERIKAN REMISI KEPADA 1192 NARAPIDANA, 38 LANGSUNG BEBAS

(IndonesiaBangkit.Net, Kendari) – 17 Agustus 2018 – Kantor wilayah Kementerian hukum dan hak azasi manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan pengurangan masa menjalani pidana atau remisi kepada 1.192 narapidana dalam perayaan hari kemerdekaan RI ke 73 tahun, dan 38 orang diantaranya dinyatakan bebas.

Pemberian remisi bagi para narapidana ini dilaksanakan di lembaga pemasyarakat kendari, jumat (17/8) yang dirangkaikan dengan upacara pengibaran bendara merah putih di dalam lapas. Kepala kantor wilayah kemenkumham Sulawesi Tenggara, Sofyan mengatakan dari remisi yang diberikan tersebut 38 narapidana dinyatakan bebas.

“1192 narapidana yang dinyatakan bebas ini tersebar di enam lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di wilayah provinsi sulawesi tenggara,”ujarnya. Narapidana dan anak pidana yang memperoleh remisi ini adalah mereka yang telah memenuhi syarat administrasi maupun syarat substansi / dari kementerian hukum dan ham.

Sementara itu, PJ gubernur Sulawesi Tenggara, Teguh Setyabudi yang menghadiri upacara bendera dan pemberian remisi kepada tahanan berharap agar para narapidana yang dinyatakan bebas tersebut dapat menjalani hidup lebih baik dan lebih kreatif agar tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan hingga kembali masih dalam lembaga pemasyarakatan.

“Kami berharap remisi bebas yang diberikan Negara ini, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga, mereka tidak dapat terlihat lagi di lembaga pemasyarakatan dengan status narapidana”. ungkapnya. Remisi merupakan hak bagi napi untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana yang telah diatur dalam undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. (Utha)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment