GELARAN HAJAT BUMI KOTA BANJAR DITENGAH PAMDEMI COVID 19 BERLANGSUNG LEBIH SEDERHANA

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 12 September 2020 – Meski dimasa pandemi Covid-19, hajat bumi yang biasa diselenggarakan setahun sekali di Lingkungan Pataruman RT 01 RW 13 Kelurahan Pataruman Kota Banjar, tetap digelar meski kali ini berlangsung dengan sederhana. Namun demikian, tidak mengurangi akan nilai yang terkandung dalam hajat bumi yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Di tahun – tahun sebelumya, hajat bumi biasanya diselenggarakan secara meriah dengan berbagai acara seni tradisional seperti debus dan kesenian ronggeng di malam harinya(11/9/20). Makna dari Hajat Bumi sendiri menurut Ketua pemuda panca marga(PPM) dan Marag’s Kota Banjar Ujang S Bachyan adalah bentuk rasa syukur dan kebahagiaan dari warga atas segala yang dilimpahkan Sang Pencipta. Terlihat dari isi yang ada di dalam jampana, seperti buah-buahan dan sayuran, yang merupakan simbol atau lambang dari kemakmuran.

Dengan berbagai macam tanaman dan buah-buahan yang biasa ditanam di sini, semoga bisa menjadi barokah buat semua warga. Dan tentunya juga semua berharap, masyarakat lebih sugih, aman dan dijauhkan dari segala penyakit, ” ujarnya. Disela-sela acara hajat bumi tersebut, sebagai salah satu bentuk syukur dengan cara berbagi santunan kepada para anak yatim dan orang jompo yang ada di sekitar lokasi acara Hajat Bumi. Dari Banjar Jawa Barat Cucu Agus Lesmana untuk Indonesia Bangkit Network.


Was This Post Helpful:

2 votes, 1.5 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment