Etape 3

(BorneoBangkit, Banyuwangi) Pebalap Selandia Baru yang bergabung di Kenyan Riders Downunder, Jason Christie menjadi yang tercepat di etape ketiga International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016. Cyclist Tiongkok dari Wisdom Hengxiang Cycling Team, Ma Guangdong berada di posisi kedua. Sedangkan Imam Arifin dari KFC Cycling Team finish di urutan ketiga.

Untuk melahap track sepanjang 127.1 km, Christie membukukan catatan waktu 2 jam, 55 menit dan 57 detik. Christie unggul 33 detik atas Guangdong dan Imam.

Etape 3

Christie sudah dua kali mengikuti International Tour de Ijen Banyuwangi (ITdBI). Yang pertama pada 2013 dan yang kedua pada tahun ini. Dalam partisipasi pertamanya, Christie langsung menjuarai etape satu ITdBI 2013. Saat itu, dia melakukannya bersama tim OCBC Singapore.

Sementara yellow jersey tetap dipegang oleh pemenang etape 2 kemarin, Benjamin Prades, pembalap asal Spanyol yang bergabung dengan Team UKYO. Sedangkan Christie tetap memegang jersey polkadot sebagai raja tanjakan.

Race hari ini merupakan makanan empuk bagi para sprinter. Bagaimana tidak, mulai Grand Watudodol hingga Taman Blambangan, para pembalap hanya disuguhi track lurus, tanpa tanjakan sedikit pun. Pada KM 44.3 hingga finish, para pembalap harus melahap etape kriterium selama 10 putaran.

Pergerakan ke-84 pembalap tersisa sudah sangat aktif sejak awal balapan. Pada 10 kilometer awal, sejumlah pembalap coba melancarkan serangan. Tapi dengan mudah ditangkap rombongan besar. Mendekati sprint line pertama, ada tujuh pembalap yang berada di garis terdepan. Tapi lagi-lagi mereka ditangkap rombongan besar.

Lepas sprint line pertama, rombongan mulai pecah. Kali ini ada 17 pembalap yang memimpin. Mereka memimpin lomba hingga memasuki babak kriterium. Gap dengan rombongan besar pun hampir mencapai menit. Hingga tiga lap terakhir, rombongan pemimpin ini belum tergoyahkan.

Etape 3

Pada putaran terakhir, tepatnya tujuh kilometer menjelang menjelang garis finish, Christie melakukan manuver dengan meninggalkan rombongan. Christie makin cepat dan cepat beberapa ratur meter memasuki garis finish. Ia akhirnya finish pertama dengan gap lebih dari 30 detik dari pesaing terdekatnya.

Sementara itu, Juara etape pertama, Shin Donghyun (LX-IIBS) menjadi yang tercepat di intermediate sprint pertama. Disusul Imam Arifin (KFC), Jung Jimin (Geumsan Insam Cello) dan Dani Lesmana (Timnas Indonesia). Ma Guangdong (Wisdom Hengxiang) menjadi yang tercepat di intermediate sprint kedua. Ia diikuti Dani Lesmana, Imam Arifin dan Jason Christie.(Belvana Cordelia)


Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment