DUA BULAN BPJS KESEHATAN MENUNGGAK, ENAM RUMAH SAKIT DI BANJAR TERANCAM BANGKRUT

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) 31 Oktober 2017 – Enam rumah sakit yang tersebar di wilayah Ciamis serta Banjar, Jawa Barat dikabarkan terancam gulung tikar atau bangkrut. Situasi ini diakui terjadi karena klaim para pasien yang berobat belum diganti oleh BPJS Kesehatan.

Hal ini tentu saja membuat arus kas untuk pembelian obat maupun operasional rumah sakit menipis. Tercatat RSUD Banjar bahkan dalam dua bulan terakhir tidak lagi membeli obat-obatan untuk pengobatan pasien.

Tentu situasi ini akan sangat berbahaya dan mengancam keselamatan pasien apabila obat-obatan tersebut sangat dibutuhkan saat keadaan gawat darurat. Kepada IndonesiaBangkit.Net, pihak RSUD Banjar mengaku dalam sebulan klaim pengobatan yang ditunggak BPJS Kesehatan bisa mencapai angka sebesar Rp 7 Miliar.

Saat dikonfirmasi mengenai masalah ini, pihak BPJS Kesehatan cabang Banjar melalui Asep Disekitarnya selaku humas mengaku adanya keterlambatan pembayaran dan bersedia membayar biaya denda sebesar 1 persen setiap bulannya. Dijelaskan pula bahwa bukan hanya enam Rumah Sakit di Banjar dan Ciamis mengalami hal serupa, namun seluruh indonesia. (Cucu Agus Lesmana)

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment