DIDUGA HILANG, DUA NELAYAN TEROMBANG-AMBING SELAMA 18 JAM DI LAUT

(IndonesiaBangkit.Net, Kolaka) – 9 April 2018 -Dua nelayan Asal Kecamatan Pomalaa di duga hilang di perairan teluk bone Kolaka sejak Sabtu Sore 7 April 2018. Tim Basarnas kabupaten kolaka sulawesi tenggara yang mendapat informasi sekitar pukul 23.00 wita, melakukan pencarian di laut, lebih dari delapan belas jam di laut terombang-ambing, akhirnya dua nelayan tersebut di temukan dengan selamat.

Tim Sar Gabungan terdiri dari Basarnas Kabupaten Kolaka,Rescue PT. Antam Pomalaa, Sar USN kolaka serta para Nelayan di Kecamatan Pomalaa, melakukan oprasi pencarian pada pukul 23.00 WitaTerhadap dua nelayan yang di duga Hilang, selama lima jam para tim Sar gabungan melakukan pencarian, Namun Kedua nelayan tersebut tak juga di temukan. Keesokan Harinya pada tanggal 8 Maret 2018, tim gabungan melanjutkan pencariannya dengan menyisir di sekitar pulau, Alhasil nelayan tersebut di temukan oleh nelayan lainnya yang juga melakukan pencarian.

Saat IndonesiaBangkit.net mengkonfirmasi kepada Nelayan tersebut, Hayung (47) mengatakan, pada saat mau balik ke darat, kami mengalami kerusakan pada mesin kapal kami. ” Per Klep mesin kami patah jadi tidak bisa bunyi lagi mesinnya, saya berdua bersama teman saya yang bernama Darwis (65). saya mencoba dayung ke Taka sekalian saya turunkan jangkar kapal perahu serta mencoba mendayung, Namun tiba-tiba Angin timur bertiup Kencang pada sore kemarin,terpaksa kami hanya diam saja diatas kapal peruhu kami sambil menunggu bantuan,” jelasnya.

Hayung menambahkan, mereka juga bermalam di atas kapal perahu sampai menunggu pagi. Keesokan harinya saya mencoba menbuat tanda dengan menaikan bendera, Alhamdulillah Nelayan lain adalah keponakan saya sendiri akhirnya berhasil menarik kami hingga kepelabuhan Kecamatan Pomalaa.

Kepala Basarnas Kabupaten Kolaka, Akbar kepada IndonesiaBangkit.Net, jelaskan bahwa kemari ada laoran masuk ke kami pukul 23.00 Wita, Bahwa ada dua nelayan dari Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka belum Pulang, Biasanya nelayan tersebut balik ke Rumahnya sebelum Magrib. “Namun sampai jam tersebut tak junjung balik juga. Nelayan tersebut berjumlah dua prang yaitu, Hayung (47) bersama temannya Darwis (65), setelah kita kroscek ke keluarganya memang betul,”kemudian kami melakukan pencarian bersama-sama Rescue PT. Antam Pomalaa di bantu oleh nelayan lainnya sampai jam 04.00 Wita namun tak kunjung kami temukan, tadi di temukan kedua nelayan tersebut dalam keadaan selamat. (Yusrin)