DIBUPORA CIAMIS TERJUNKAN ARKEOLOG, TELITI PENEMUAN CANDI DI DESA SUKARAHARJA

(IndonesiaBangkit.Net, Ciamis) – 8 February 2020 – Dinas kebudayaan pemuda dan olah raga ciamis, menerjunkan tim arkeolog dan geologi bandung,untuk meneliti batu susun yang menyurapai candi di desa Sukaraharja ciamis,jawa barat. Hasil penelitian sementara batu susun itu bukan candi hasil buatan manusia,melainkan merupakan batu alam dari lava gunung merapi. Namun pihak pemerintah ciamis akan mengembangkan batu susun tersebut sebagai penemuan destinasi wisata baru di ciamis.

Menindak lanjut penemuan batu susun yang menyerupai candi di desa sukaraharja ke amatan lumbung kabupaten ciamis jawa barat,yang sempat viral di medsos pihak desa setempat dan disbupora ciamis,langsung menerjunkan tim ahli kelokasi batu susun tersebut,tiga ahli tersebut di antaranya ahli arkeologi dari ITB dan museum geologi bandung jawa barat.

Menurut Oman Abdulrohman dari Museum geologi bandung, penelitian yang dilakukan para ahli sengaja di lakukan untuk mengetahui kondisi sejarah batu susun yang menyerupai candi tersebut,hasil penelitian sementara batu susun rompe tersebut bukan merupakan buatan manusia melainkan batu bentukan alam. Hasil sementara batu susun rompetersebut merupakan bentukan alam atau batu lava yang bentuk nya melebar, batuan seperti ini tidak hanya satu dan sempat ditemukan di beberapa wilayah di indonesia.

Secara geologi batu susun tersebut,awalnya Merupakan lava yang mengalami pembekuan dari semburan gunung berapi yang di duga dari gunung sawal takjauh dari lokasi,ratusan tahun yang lalu. Meski para tim ahli memastikan jika batu susun tersebut,bukan merupakan buatan manusia seperti candi borobudor, melainkan batu alam,namun pihak disbudpora,akan terus mengembangkan daerah tersebut menjadi sebuah daerah destinasti wisata baru di ciamis.

Kepada Indonesia Bangkit Network, kepala dinas kebudayaan dan olah raga kabupaten ciamis, Erwan darmawan mengatakan setelah hasil penelitian tersebut pihaknya akan bekerja sanaa dengan pemda ciamis dan pihak desa sukaraharja untuk pengembangan destinasi wisata kedepannya. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment