DESAINER HANDY HARTONO PUKAU PUBLIK HOUSTON DENGAN PAGELARAN BUSANA BATIK

(IndonesiaBangkit.Net, Houston) – 27 Juli 2018 – Perancang Busana Indonesia unjuk kebolehan dengan menggelar pagelaran Busana di Houston Amerika Serikat. Bagi Designer Handy Hartono, ini diakui kali pertamanya menggelar fashion show diluar negeri tanggal 21 Juli 2018 silam.

Tujuan utama acara ini mempromosikan Indonesia, khususnya kain Batik sebagai salah satu Indonesian Intangible Cultural Heritage yang diakui UNESCO termasuk di dalamnya berbagai koleksi Batik Karawang. Untuk itu, Kepala Dinas Pariwisata Karawang, Bapak Okih Hermawan menyempatkan hadir.

Lebih 500 pengunjung Galleria Mall, pusat perbelanjaan termewah dan terbesar di Texas memadati acara fashion show ini sekaligus menikmati penampilan kesenian Indonesia. Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana menyatakan bahwa dunia fashion telah berkontribusi pada perekenomian Indonesia melalui industri kreatif.

Konjen RI mengajak hadirin untuk berkunjung dan berinvestasi ke Indonesia, khususnya destinasi wisata 10 New Bali seperti Borobudur, Pulau Komodo, dan Taman Nasional Wakatobi yang juga mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai World Cultural Heritage dan World Natural Heritage, Biosphere Reserves and Geoparks. Tak lupa Dr Nana Yuliana juga mengajak warga AS untuk merasakan kuliner Indonesia di beberapa restoran Indonesia dan coffee shop milik diaspora Indonesia di Houston dan sekitarnya.

Dengan membawa tema Jawa Barat, pengunjung disambut dengan penampilan Tari Jaipong dan Tari Merak serta terkesan dengan peragaan busana anak-anak. Diaspora Indonesia pun turut memeriahkan acara, salah satunya jewelry designer Kartika Widjanta dengan koleksi bernama Lady Quaint yang mewah dan elegan. Lady Quaint dapat ditemukan di butik bernama Galeries Lafayette di Jakarta, Indonesia dan di Chicago, AS. Tak dapat dipungkiri bahwa diaspora Indonesia berperan aktif dalam mempromosi Indonesia di luar negeri.

Fashion show ini dipadati banyak pengunjung, termasuk tamu khusus dari kalangan diplomatik, pengusaha, akademisi dan media serta masyarakat Indonesia. Di akhir acara, Handy Hartono dan Kartika Widjanta menggelar pop-up shop yang sangat diminati pengunjung. Handy Hartono yang juga terkenal dengan koleksi tenun Toraja, telah mengikuti peragaan busana internasional antara lain di Wina, Bangkok, Darwin, Sidney, Moscow dan minggu depan Handy menuju Ottawa untuk menampilkan koleksi Batik Kerawang.

Acara ini merupakan bagian dari upaya diplomasi publik dengan perkenalkan batik fashion dimana selain promosikan Indonesia kepada masyarakat AS juga meningkatkan people connectivity antara Indonesia dengan AS. KJRI Houston akan terus berupaya mempromosikan Indonesia dengan bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah daerah. (KJRI Houston)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment