DARWIS ASAL ACEH UTARA BERHASIL KEMBANGKAN SEMANGKA TAHAN SATU TAHUN

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 16 Juli 2018 – Prestasi membanggakan ditorehkan putra terbaik bangsa asal Aceh Utara, Darwis. Mantan mahasiswa pertanian ini berhasil kembangkan bio teknologi buah semangka yang mampu bertahan setahun tanpa pengawet atau masuk lemari pendingin.

Harapannya, pengembangan Bio teknologi pertanian ini mampu dikembangkan produk lainnya untuk ketahanan pangan diberbagai produk pertanian lainnya. Darwis memulai eksperimennya di desa Baroh, Kuta Bate kecamatan Meurah Mulia dimana buah semangka dibuat bertahan dalam kondisi segar hingga setahun tanpa membusuk.

Upaya yang dilakukan darwis ini berawal dari keprihatinannya para petani dan pedagang yang kerap merugi karena semangka bertahan paling lama empat pekan. Bio Teknologi yang ia kembangkan ini di lakukan, mulai dari pembibitan hingga di panen hanya dengan ditambahkan nutrisi yang di buatnya sendiri.

Buah semangka tersebut kini telah berusia satu tahun dan sebagai mana hasil uji lab tidak ditemukan adanya bahan pengawet dan ini dilakukan darwis semata mata untuk membantu petani semangka menjaga ketahanan buahnya.

“Saya uji coba ini sebelum puasa lalu dan kita lihat hasilnya, semoga para petani semangka kedepan memanfaatkan temuan ini dan saya siap membantu,” tegas Darwis pada IndonesiaBangkit.Net. Salah seorang petani di kebun darwis adalah Abdul Rahman saat itu ia yang memetik buah semangka ini dari kebunnya dan ia melihat hanya kondisi kulitnya saja yang mulai ada perubahan menjadi sedikit menguning, sedangkan rasanya tidak berubah.

“Rasanya tidak berobah ,ini saya yang memetiknya pada tiga hari bulan ramdhan tahun 2017 lalu dan ini hanya terjadi perobahan warna sedikit menguning,” kata Abdul Rahman. Dari hasil percobaan ini besar harapannya bermanfaat dan kedepan ia akan mengembangkan teknologi ini pada tanaman lain seperti buah buahan, sayuran, anggur dan apel yang selama ini daya tahannya tidak berlangsung lama. Sebelumnya Darwis juga pernah berhasil membudi daya buah semangka seberat  seratus kilogram lebih. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

2 votes, 5 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment