DARURAT AIR BERSIH LANDA DESA SALAKARYA CIAMIS

(IndonesiaBangkit.Net, Ciamis) – 21 September 2018 – Krisis air bersih merupakan persoalan yang sering terjadi, setiap musim kemarau melanda. Kawasan yang mengalami krisis air bersih terparah melanda wilayah di Dusun Sukarasa, RT 25, RW 11, Desa Salakarya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Warga yang tinggal diwilayah ini, harus rela berjalan kaki untuk bisa mendapatkan air bersih. Pasalnya, sumur yang dimiliki oleh warga masyarakat setempat, yang kedalamannya mencapai 25 – 30 meter pun telah kering.

Salah seorang warga setempat, Solehudin (48) saat ditemui dilokasi pengambilan air, Sabtu (22/08/2018), mengungkapkan, bahwa warga masyarakat diwilayah Dusun tersebut, sudah beberapa bulan terakhir ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Solehudin, dan warga lain, disaat musim kemarau selalu kesulitan, untuk mendapatkan air bersih, yang masih bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Alhamdulillah, masih ada air yang bisa diambil. Memang lokasinya cukup jauh dari rumah. Tapi, lumayan bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci, dan keperluan rumah tangga lainnya” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, warga masyarakat harus rela berjalan kaki, dengan membawa ember, jerigen, kompan, sebagai tempat membawa air bersih, meskipun jarak tempuh dari rumah ke sumber air ini cukup jauh. Sedangkan untuk keperluan minum dan memasak warga harus membeli air bersih dari sejumlah penjual air keliling.

Solehudin, menambahkan bencana kekeringan ini bukan serta baru pertama kali terjadi. Namun setiap musim kemarau datang, krisis air bersih kerap melanda wilayah sini.

Solehudin, dan warga lainnya berharap Pemerintah segera turun tangan untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat yang tinggal diwilayah Dusun Sukarasa, RT 25, RW 11, Desa Salakarya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini. Tandasnya. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment