BPJS KESEHATAN CABANG BANJAR LUNCURKAN SISTEM RUJUKAN BERJENJANG ONLINE

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 24 Agustus 2018 – Bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengoptimalkan peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Salah satunya melalui berbagai pengembangan sistem teknologi seperti Sistem Rujukan Berjenjang Online.

Sistem ini diwajibkan bagi semua FKTP yang sudah terhubung jaringan komunikasi internet mulai 21 Juni 2018,” Ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjar, Jayadi, kepada IndonesiaBangkit.Net, pada acara “Ngopi Bareng BPJS Kesehatan”, di Aula Cafe Tungku, Banjar  Atas, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (23/08)

Sistem Rujukan Berjenjang Online sebenarnya sudah dipersiapkan sejak lama, namun implementasinya sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur masing-masing fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan siap melakukan uji coba Sistem Rujukan Berjenjang Online tersebut mulai Tanggal 15 Agustus 2018 hingga Tanggal 30 September 2018 mendatang.

Prosedur rujukan online pada dasarnya sama dengan rujukan manual, bedanya, dengan Sistem Rujukan Berjenjang Online, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan, atau lupa membawa surat rujukan karena informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online, baik di FKTP maupun di Rumah Sakit. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk.

Tercatat sebanyak 142 FKTP diwilayah kerja BPJS Kantor Cabang Banjar, yang tersebar di 3 Kabupaten/Kota, meliputi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, semuanya sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, untuk menerapkan Sistem Rujukan Berjenjang Online, bagi para peserta JKN-KIS. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment