BIAYA PENANGANAN MAHAL, SETAHUN TERAKHIR RSUD KOTA BANJAR TAK GUNAKAN ALAT OPERASI JANTUNG

(IndonesiaBangkit.Net, Banjar) – 4 Oktober 2019 – Untuk menunjang pelayanan Rumah sakit Umum daerah kota Banjar tim BPJS pusat mengunjungi RSUD kota Banjar untuk melaksanakan supervisi layanan laboratorium kateterisasi jantung,(3/10/2019). Dalam kegiatan tersebut hadir pula wakil walikota Banjar H Nana Suryana dan wadir RSUD kota banjar.

Menurut dr.Asep sopandiana Alat jantung yang dimiliki RSUD Banjar bernama katleb merk Ginova dan alat laboratorium nya bernama kateterisasi. “Untuk saat ini tinggal menunggu MOU penandatanganan untuk bisa melakukan pelayanan diagnostik penyakit jantung koroner sampai nanti pemasangan ring jantung dan itu di tanggung oleh BPJS kalo sudah MOU”,katanya. Kkarenabiaya yang di butuhkan untuk penanganan ini sangat mahal sekitar 30 juta jadi sejauh ini kebanyakan pasien hanya meminta rujukan untuk di rujuk ke rumah sakit luar kota yang bisa di tangani bpjs,ujarnya.

“Sejauh ini sudah 2 pasien kita pasang 1 lagi harus di operasi jadi mendapat pasien yang mau bayar itu susah kasus tuh banyak namun untuk operasi penyakit ini membutuhkan biaya yang cukup mahal karena belum kerja sama dengan bpjs”,tambahnya. Ia juga menuturkan penyakit jantung ini jumlahnya 1000 kasus per tahun dan merupakan penyakit yang termasuk paling berbahaya saat ini.

“Sejauh ini penyakit jantung dan pengapuran pembuluh darah jantung dan saat di sarankan ada yang mau di rujuk ada yang menolak karena kesana kan butuh biaya juga”,tambahnya. Saat di tanya tentang perawatan alat ini, dijelaskan sejauh ini RSUD melakukan kontak service dan mengkalibrasi alat dan juga seminggu sekali memanaskan alat tersebut dan sekarang RSUD menunggu hasil dari BPJS yang sedang dikaji dan menunggu hasil kerja sama MOU,ucapnya. Dr.Asep sopandiana Angga saputra juga menghimbau agar bisa menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment